VIDEO Pemkab Purwakarta Siapkan Rumah Singgah bagi Pasien Covid-19, APD hingga Ambulans Pun Siap

Pemkab Purwakarta siap membuka fasilitas rumah singgah di Jalan Raya Maracang, Kecamatan Babakancikao

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Pemkab Purwakarta siap membuka fasilitas rumah singgah di Jalan Raya Maracang, Kecamatan Babakancikao, bagi pasien dalam pengawasan (PDP) atau mereka yang tengah menunggu hasil swab test dari rumah sakit.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika melalui Kepala Dinas Kesehatan Purwakarta, Deni Darmawan mengatakan dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 bersiap meresmikan rumah singgah guna menampung pasien Covid-19 yang stabil.

"Jadi, ini (rumah singgah) sementara sebagai rumah bagi mereka yang menunggu hasil swab negatif hingga diperbolehkan pulang. Intinya, rumah singgah ini sebagai rumah isolasi atau karantina mandiri bagi pasien Covid-19 yang bergejala ringan," katanya di lokasi, Kamis (14/5/2020).

RSHS Bandung Jadi Rumah Sakit Rujukan Nasional Covid-19, Kondisinya Butuh Ratusan APD Setiap Hari

Adapun kapasitas dalam rumah singgah ini, Deni menyebut dapat menampung 12 tempat tidur, di antaranya enam tempat tidur di bawah dan enam tempat tidur di atas.

"Kami juga sudah lengkap soal alat pelindung diri (APD), fasilitas ambulans untuk rujukan dan mengambil pasien, tenaga SDM, sopir, petugas kebersihan, petugas jaga malam, perawat, dokter, hingga laundry disiapkan," katanya seraya menyebut personel sumber daya manusia disiapkan sebanyak 25 sampai 30 orang.

Tujuan disediakannya rumah singgah ini, Deni menambahkan agar tak terjadi penumpukan pasien di RSUD Bayu Asih. Ketika disinggung kemungkinan orang dalam pemantauan (ODP) bisa tinggal di rumah singgah, Deni mengatakan bisa dengan catatan dirinya tak mampu lakukan isolasi mandiri di rumahnya.

Klaim Grafik Kasus Covid-19 di Kota Cirebon Landai, Dinkes Minta Masyarakat Patuhi PSBB

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Pemkab Purwakarta Siapkan Rumah Singgah bagi Pasien Covid-19, APD hingga Ambulans Pun Siap, https://jabar.tribunnews.com/2020/05/14/pemkab-purwakarta-siapkan-rumah-singgah-bagi-pasien-covid-19-apd-hingga-ambulans-pun-siap.
Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Ichsan
Video Editor: Wahyudi Utomo

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: yudix
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved