Breaking News:

Virus Corona di Jabar

RSHS Bandung Jadi Rumah Sakit Rujukan Nasional Covid-19, Kondisinya Butuh Ratusan APD Setiap Hari

Rumah Sakit Hasan Sadikin ( RSHS) Bandung sebagai rumah sakit utama rujukan pasien corona virus atau Covid-19 butuhkan Alat Perlindungan Diri ( APD)

Tribun Jabar/Siti Fatimah
RSHS Bandung Jadi Rumah Sakit Rujukan Nasional Covid-19, Kondisinya Kini Butuh Ratusan APD Setiap Hari 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Fatimah

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Rumah Sakit Hasan Sadikin  ( RSHS) Bandung sebagai rumah sakit utama rujukan pasien corona virus atau Covid-19 membutuhkan Alat Perlindungan Diri ( APD).

Kebutuhan APD ini bisa mencapai ratusan setiap harinya selama pandemi ini. Karena itu, bantuan APD dari berbagai pihak sangat membantu tenaga medis sebagai garda terdepan dalam penanganan Covid-19.

Kepala Bagian Umum RSHS, Siti Mahmudah SH MH Kes mengatakan, pada saat awal-awal terjadi pandemi khususnya di Jawa Barat, kebutuhan APD di RSHS mencapai 400 unit APD setiap harinya.

Alat Swab Test Milik Pemkot Bandung Diklaim Lebih Cepat, Siap Bantu Labkesda Jabar

mengklaim Biosafety Level 2 (BSL 2) atau alat swab test milik Pemerintah Kota Bandung, mampu memeriksa 200 sampel per hari.
mengklaim Biosafety Level 2 (BSL 2) atau alat swab test milik Pemerintah Kota Bandung, mampu memeriksa 200 sampel per hari. (Istimewa)

Namun seiring mulai menurunnya kasus pasien Covid-19, kebutuhan APD di RSHS rata-rata 250 unit setiap harinya. Jumlah tersebut digunakan oleh sekitar 175 tenaga medis yang secara bergiliran menangani pasien.

"Awal-awal kebutuhan sangat banyak, apalagi RSHS masih jadi satu-satunya rujukan. Sekarang sudah ada beberapa rumah sakit yang juga membantu menangani pasien Covid-19, dan jumlah pasien juga sudah mulai berkurang jadi kebutuhan APD di RSHS juga tidak sebanyak sebelumnya," katanya disela penyerahan Bantuan Peralatan Medis dan APD untuk Penanganan Covid-19 dari Program CSR PLN Peduli di RSHS Bandung, Kamis (14/5/2020).

Klaim Grafik Kasus Covid-19 di Kota Cirebon Landai, Dinkes Minta Masyarakat Patuhi PSBB

Dirut RSHS, R. Nina Susana Dewi, Sp.PK(K). M.Kes. MMRS mengatakan pihaknya mengapresiasi segala bantuan yang diberikan oleh berbagai pihak untuk memenuhi kebutuhan APD dan peralatan medis lainnya di RSHS. Termasuk pemberian kali ini dari PLN Peduli.

"Kami atas nama RSHS Dr Hasan Sadikin sangat berterimakasih kepada PLN atas kepeduliannya mensupport kami, memberikan bantuan berupa seperangkat APD (Alat Pelindung Diri) lengkap, ini sangat berguna bagi kami karena RSHS merupakan RS rujukan nasional," katanya.

Iwan Ridwan Manager Komunikasi PLN UID Jabar mengatakan, PLN Peduli memberikan bantuan alat kesehatan dan APD senilai kurang lebih 100 juta rupiah yang terdiri dari 366 buah Coverall (Reuse), 16 box Sarung tangan medis, 366 buah Cover shoes, 250 pasang sepatu booth, dan 22 box masker medis.

“Bantuan ini merupakan wujud kepedulian PLN Grup Jabar yang didalamnya termasuk pada lini Distribusi, Transmisi, Pembangunan Jaringan dan Pembangkit untuk Tenaga Paramedis yang bekerja sebagai garda terdepan dalam penanganan Kesehatan selama pandemi Covid-19 khusus nya di wilayah Jawa Barat” kata Iwan.

Menurutnya, PLN ingin mewujudkan kegiatan yang bermafaat bagi sesama ditengah suasana Ramadan yang sedikit berbeda kali ini.

Selain kegiatan CSR ini,pihaknya juga tetap siap memberikan pelayanan terbaik meskipun saat ini semua pihak tengah menghadapi pandemic Covid-19.

PLN juga berkomitmen akan tetap menjaga kehandalan pasokan listrik selama masa pandemi Covid-19 yang bersamaan dengan Bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1441 H ini dengan mensiagakan personil dan Call Center 123 yang dapat diakses seluruh pelanggan selama 24 jam.

"Bagi pelanggan yang ingin melakukan cek pemakaian litsrik atau melaporkan stand meter dapat mengunduh aplikasi PLN Mobile melalui Playstore maupun di App Store," katanya. (siti fatimah)

Penulis: Siti Fatimah
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved