Waspada Saat di Rumah Saja, Wajib Bersih-Bersih Lingkungan, Kalau Tidak Bisa Terkena DBD

Waspada, saat di rumah saja. Wajib bersih-Bersih lingkungan. Kalau tidak, bisa terkena DBD.

Tribun Jabar/Firman Suryaman
Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Uus Supangat saat ditemui seusai membagi-bagikan masker di Bandara Wiriadinata, Selasa (28/1/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar Firman Suryaman

TRIBUNJABAR. ID, TASIKMALAYA - Serangan penyakit DBD yang disebabkan nyamuk aedes aegypti di Kota Tasikmalaya telah menyebar di seluruh kecamatan yang ada di wilayah kota.

"Serangan penyakit DBD ini harus diwaspadai warga di tengah segenap elemen sedang fokus ke penanganan wabah virus corona," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Uus Supangat, Selasa (12/5/2020).

Penyebarannya, kata Uus, sudah menyebar di semua kecamatan yang ada di kota.

"Dari 10 kecamatan yang ada di kota, semuanya terserang walau secara sporadis," kata Uus.

Sementara adanya pasien DBD yang meninggal dunia, di antaranya berasal dari Kecamatan Purbaratu dan Kawalu. Total yang meninggal sebanyak enam orang.

"Di tengah upaya penerapan social distancing dan physical distancing, orang yang diam di rumah menjadi bertambah. Ini jadi rentan serangan DBD," ujar Uus.

Karenanya, Uus meminta warga yang banyak diam di rumah selalu memperhatikan lingkungan rumah. Jangan sampai ada wadah yang bisa digunakan nyamuk berkembang biak.

"Jadi kalau banyak diam di rumah, baiknya sambil beres-beres dan bersih-bersih. Termasuk membersihkan wadah-wadah yang sekiranya bisa dijadikan nyamuk berkembang biak. Nyamuk senang bertelur di wadah-wadah seperti itu," kata Uus.

Diberitakan sebelumnya, kasus serangan DBD di Kota Tasikmalaya meningkat sekitar 30 persen dalam tempo hampir sebulan.

Pada pertengahan April pihak Dinkes mencatat ada 251 kasus DBD. Pada tanggal 10 Mei tercatat jumlah penderita mencapai 343 kasus. Enam di antaranya meninggal dunia.

Kasus DBD Kota Tasikmalaya Meningkat 30 Persen Dalam Tempo Sebulan, 6 Orang Meninggal

Penulis: Firman Suryaman
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved