VIDEO Bantuan Gubernur Jawa Barat untuk 47 Ribu Masyarakat Garut Mulai Disalurkan Hari Ini

Penyaluran bantuan di Kabupaten Garut jadi yang paling akhir di antara kabupaten/kota di Jawa Barat. Persoalan data jadi alasan bantuan terlambat

 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Wijaksana

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Bantuan Gubernur Jawa Barat untuk 47 ribu masyarakat Garut mulai disalurkan hari ini. Penyaluran dilakukan Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum di Kantor Pos Garut.

 
Penyaluran bantuan di Kabupaten Garut jadi yang paling akhir di antara kabupaten/kota di Jawa Barat. Persoalan data jadi alasan bantuan terlambat disalurkan.
 
"Keterlambatan tak akan dirugikan. Keterlambatan ini penyebabnya satu lain hal. Tapi kami yakin, ini semua tak ada unsur kesengajaan," ucap Uu, Selasa (12/5/2020).
Keterlambatan terjadi karena masalah pendataan di tingkat RT dan RW. Awalnya hanya sedikit yang didata. Namun, banyak masyarakat yang meminta untuk penambahan bantuan.
 
"Awalnya sedikit lalu masih banyak masyarakat minta. Lalu pak gubernur minta data tanpa kuota," ujarnya.
 
Mekanisme pendataan, lanjutnya, ada di ranah bupati. Ia menyebut, Pemda punya data yang lebih valid agar penyaluran bisa tepat sasaran.
 
"Kenapa minta data ke bupati lewat RT dan RW? Karena banyak yang harusnya menerima, tapi tidak (dapat bantuan). Maka pendataan diserahkan ke Pemda," katanya.
 
Uu mengaku bahagia karena penerima bantuan di Garut cukup besar dibanding daerah lain. Semakin banyak penerima bantuan, maka semakin merata perhatian dari pemerintah.
 
"Memang pak gubernur di saat pendataan kedua silakan tanpa kuota. Berapapun kalau punya hak, silakan didata," katanya.
Terkait adanya berita telur busuk, Uu menyebut jika telur itu masih berada di gudang. Belum ada penyaluran yang dilakukan ke masyarakat.
 
"Ada berita bahwa kadaluarsa dan lainnya, itu adanya di gudang. Bukan berarti disampaikan ke masyatakat. Yang disampaikan ke masyarakat yang masih segar dan tak kadaluarsa," ujarnya.
 
Penulis: Firman Wijaksana
Video Editor: Wahyudi Utomo
Penulis: Firman Wijaksana
Editor: yudix
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved