Breaking News:

Pengurus Masjid Lautze Tetap Laksanakan Kebiasaan di Bulan Ramadan, Bagikan Iftar Setiap Sore

Pengurus Masjid Lautze tetap menggelar kebiasaan rutin yang selalu dilaksanakan di bulan Ramadan.

Penulis: Kemal Setia Permana | Editor: Giri
ISTIMEWA
Pengurus Masjid Lautze membagikan iftar kepada masyarakat sekitar. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Kemal Setia Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Menghadapi Ramadan yang berbeda dibanding pelaksanaan tahun sebelumnya, pengurus Masjid Lautze tetap menggelar kebiasaan rutin yang selalu dilaksanakan di bulan Ramadan. Satu di antaranya adalah memberikan iftar dan makan gratis untuk berbuka puasa bagi umat sekitar.

Namun, cara yang dilakukan berbeda karena harus memperhatikan ketentuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang diterapkan oleh pemerintah di tengah pandemi wabah corona. Tahun ini, pelaksanana donasi iftar dan makanan dilakukan dengan berkeliling ke berbagai tempat di Kota Bandung.

"Setidaknya ada tujuh titik yang kami kunjungi untuk donasi paket buka puasa dan pembagian nasi boks setiap hari," ujar pengurus Masjid Lautze, Rachmat Nugraha, belum lama ini.

Rachmat mengatakan, kegiatan pembagian donasi ini dilakukan dalam empat tahap yakni mulai 30 Maret hingga menjelang Idulfitri. Sasaran yang dituju antara alin para pelaku ojol, pengemis, tukang becak serta mereka yang terdampak ekonomi akibat wabah Covid-19.

Sebagai rasa prihatin dan solidaritas, kata Rachmat, pihaknya turut memberdayakan para mualaf lain yakni dengan cara memesan maakanan kepada mereka. Bahkan tak hanya itu, pihaknya pun menerima berbagai sumbangan dari saudara-saudara nonmuslim sebagai bahan untuk berdonasi.

"Donasi yang masuk ke kami berasal dari lintas agama, hampir semua perwakilan agama berdonasi kepada kami. Ini menunjukkan betapa indahnya kebersamaan dan persaudaraan antarumat di sini," katanya.

Di samping membagikan sedikitnya 200 nasi boks setiap hari, paket juga terdiri atas air mineral dan kurma, hingga pembagian masker. Sejumlah uang juga terus dikumpulkan dan dibagikan kepada yang berhak yang berasal dari para donatur muslim dan lintas agama.

Ribuan Karyawan Dua Perusahaan di Kabupaten Sukabumi Demonstrasi karena Pembayaran THR Dicicil

Paket yang akan dibagikan ini akan terus berlanjut hingga tahap empat yakni mulai 14 Mei hingga menjelang Idulfitri.

Selain membagikan donasi, kegiatan lain yang terus berlanjut pada Ramadan ini adalah pengajian daring, kajian-kajian daring, pembinaan mualaf, hingga kajian akidah.

Hewan di Kebun Binatang Bandung Kelaparan, bjb Gelontorkan CSR Rp 100 Juta, Siapa Selanjutnya?

"Kegiatan Tadabur Al-Qur'an juga terus berjalan, yang tanya-tanya (berbagai hal tentang Islam) saya jawab dengan referensi Al-Qur'an," ujar Rachmat. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved