Berpuasa Bisa Tingkatkan Iimunitas Tubuh dan Proteksi Tubuh dari Berbagai Penyakit

Puasa secara umum sangat berpengaruh pada kesehatan manusia, terutama bagi imunitas tubuh.

ISTIMEWA
Kepala Divisi Reumatologi-Departemen Ilmu Penyakit Dalam Kepala Pusat Studi Imunologi Fakultas Kedokteran Unpad-RSHS Bandung, Sumartini Dewi. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Fatimah

TRIBUNJABAR. CO. ID, BANDUNG - Puasa secara umum sangat berpengaruh pada kesehatan manusia, terutama bagi imunitas tubuh. Dengan berpuasa, imunitas tubuh akan bertambah kuat dan terproteksi dari berbagai penyakit.

Kepala Divisi Reumatologi-Departemen Ilmu Penyakit Dalam sekaligus Kepala Pusat Studi Imunologi Fakultas Kedokteran Unpad-RSHS Bandung, Sumartini Dewi, mengatakan berpuasa juga memiliki sejumlah manfaat bagi jantung.

Pertama, katanya, puasa dapat membantu menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2. Hal ini penting karena orang yang menderita diabetes memiliki peningkatan risiko menderita penyakit kardiovaskular.

"Selama puasa, tubuh juga membakar beberapa kolesterol LDL dalam tubuh sebagai bahan bakar. Ini bagus di dua sisi karena kolesterol LDL merupakan kontributor utama penurunan sensitivitas insulin dan diabetes, dan karena itu juga berkontribusi terhadap peningkatan tekanan darah, yang keduanya merupakan faktor risiko untuk terjadinya penyakit jantung," katanya belum lama ini.

Ia mengatakan, puasa juga membantu mengurangi beberapa faktor risiko lain yang terkait dengan peningkatan risiko penyakit jantung, termasuk kadar gula darah, penanda peradangan, mengurangi tekanan darah, menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat, serta mengatasi resistensi insulin. Ini adalah faktor risiko penyakit jantung, yang merupakan salah satu penyebab kematian dini pada manusia.

"Resistensi insulin meningkatkan risiko diabetes dan puasa yang sehat membantu mengatur kadar gula dan kadar insulin di dalam tubuh," katanya. (*)

Penulis: Siti Fatimah
Editor: Sugiri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved