Airy Rooms Tutup, Pesaing Juga Akui Alami Tekanan Berat Akibat Pandemi Covid-19

Banyak pengusaha hotel menghentikan operasional untuk sementara. Bahkan, start up hotel Airy Rooms mengumumkan penutupan secara permanen pada akhir Me

Tribunjabar/Putri Puspita Nilawati
ILUSTRASI Kamar Hotel 

TRIBUNJABAR.ID - Pandemi virus korona menghimpit pengusaha hotel. Banyak pengusaha hotel menghentikan operasional untuk sementara. Bahkan, start up hotel Airy Rooms mengumumkan penutupan secara permanen pada akhir Mei 2020.

Perusahaan yang bergerak di bidang sama, OYO mengakui tekanan bisnis akibat Covid-19 sangat luar biasa. “Hampir tidak ada negara dan industri yang imun dari dampak Covid-19, termasuk kami di OYO Indonesia. Berdasarkan data internal per April 2020, okupansi OYO secara global menurun lebih dari 50 persen sebagai akibat dari pandemi ini. Namun, OYO secara global terus menerapkan berbagai strategi penanggulangan yang dibutuhkan sesuai skala bisnis serta keberlanjutan usaha di setiap pasar tempat kami beroperasi,” ujar Meta Rostiawati, Head of PR & Communication OYO Indonesia kepada Kontan, Jumat (8/5).

Namun OYO berkomitmen mempertahankan bisnis walaupun okupansi turun lebih dari 50 persen secara global berdasarkan data April 2020.

OYO bakal terus menjalankan strategi untuk menyelamatkan kondisi finansial dari ancaman kebangkrutan. Sebagai langkah konkretnya, secara global fokus OYO memastikan sumber pendapatan terus optimal, baik dari sisi bisnis akomodasi maupun non-akomodasi.

“Penyesuaian yang kami lakukan pun tetap mempertimbangkan skala prioritas bagi karyawan dan mitra kami, yaitu memastikan setiap karyawan kami tidak kehilangan pekerjaannya serta terus mendukung bisnis mitra kami agar tetap berjalan di tengah situasi sulit ini," ujar Meta.

Sejak April 2020, kondisi okupansi hotel OYO di Cina, sebagai pasar OYO yang pertama terdampak Covid-19, telah berangsur meningkat sebesar 5 persen setiap minggu. Hal ini dikarenakan statistik kasus Covid-19 di negara itu yang mulai menurun dan aktivitas masyarakat yang berangsur normal walaupun penerapan physical distancing masih harus dilakukan.

“Diharapkan kondisi yang sama akan segera terjadi di pasar OYO lainnya, termasuk Indonesia," ucap Meta. (amalia fitri)

Berita ini sudah tayang di Kontan.co.id dengan judul Airy Rooms tutup, pesaing juga mengaku mengalami tekanan berat

Editor: Darajat Arianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved