Mantan Pejabat PD Pasar Kota Bandung Dihukum Penjara 3 Tahun, Divonis Bersalah Lakukan Korupsi

Eks penjabat sementara Dirut PD Pasar Kota Bandung, Andri Salman divonis bersalah karena melakukan tindak pidana korupsi Pasal 8 Undang-undang Pembera

Tribunjabar/Mega Nugraha
ILUSTRASI - Sidang Perdana Mantan Dirut PD Pasar Bermartabat Kota Bandung. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG -Eks penjabat sementara Dirut PD Pasar Kota Bandung, Andri Salman divonis bersalah karena melakukan tindak pidana korupsi Pasal 8 Undang-undang Pemberantasan Korupsi

Vonis dari majelis hakim dibacakan pada sidang di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Kelas I A Khusus Bandung pada Senin (4/5/2020).

"Menjatuhkan pidana penjara selama tiga tahun dan denda Rp 150 juta subsidair 2 bulan penjara," bunyi amar putusan Majelis Hakim yang diketuai Daryanto, Selasa (5/5/2020).

PSBB di Cimahi Berakhir, Ini Catatan Wali Kota, Jalan yang Ditutup Malah Jadi Wahana Permainan

Dalam kasus ini, Andri Salman bersalah menyalahgunakan deposito PD Pasar Bertabat tahun anggaran 2017.

Vonis hakim lebih rendah dari tuntutan jaksa yang menuntu agar Andri Salman dituntut 4 tahun dan pidana denda Rp 150 juta. 

"Kami dari tim jaksa menyatakan pikir-pikir untuk banding atas putusan 3 tahun tersebut," ujar Kasi Pidsus Kejari Kota Bandung, Iwan Arto Kusumo, Selasa (5/5/2020).

Dalam dakwaan jaksa penuntut umum, kasus ini bermula saat Andri Salman meminta seluruh bilyet deposito senilai Rp 2,5 miliar kepada bendahara pengeluaran PD Pasar pada 2017. 

"Surat -surat berharga itu disimpan di brankas terdakwa dengan alasan untuk mempermudah pengelolaan‎," ujar jaksa penuntut umum Kejari Bandung, Gani Alamsyah di sidang dakwaan.

Kata jaksa, setelah surat berharga disimpan, Andri Salman kemudian muncul niat untuk berbisnis garam karena saat itu Kota Bandung sedang mengalami krisis garam. 

Pria Tiba-tiba Tak Sadarkan Diri Kagetkan Warga Palabuhanratu, Dievakuasi Petugas Ber-APD Lengkap

Halaman
12
Penulis: Mega Nugraha
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved