Gugus Tugas Covid-19 di Ciamis Fokus Awasi Pemudik, Bupati Imbau Perantau Tidak Pulang

Para pemudik akan memperoleh atensi khusus dari Gugus Tugas Covid-19 di Ciamis selama berlangsungnya masa PSBB.

TRIBUNJABAR/ANDRI M DANI
Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Para pemudik akan memperoleh atensi khusus dari Gugus Tugas Covid-19 di Ciamis selama berlangsungnya masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Di Ciamis, PSBB diberlakukan mulai Rabu (6/5/2020) sampai Selasa (19/5/2020), sesuai masa berlakunya PSBB jawa Barat.

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, mengatakan emantauan dan pengawasan pemudik terutama dari daerah zona merah akan menjadi perhatian utama.

Hal itu dia katakan ketika rapat koordinasi persiapan pelaksanaan PSBB yang berlangsug di Aula RAA Kusumadingrat Setda Ciamis, Senin (4/5/2020). Hadir pada rakor tersebut camat dari 27 kecamatan se-Ciamis, termasuk pengurus Apdesi Ciamis.

Rakor berlanjut dengan video conference bersama para pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkup Pemkab Camis.

Sejak sebulan lalu, Gugus Tugas Covid-19 Ciamis telah mengawasi dan memantau pemudik terutama mereka yang datang dari daerah zona merah. Namun setelah diberlakukannya PSBB, pengawasan  dan pemantauan pemudik tersebut akan dilakukan lebih ketat.

Termasuk pembatasan kegiatan belajar, beribadah, pembatasan kerumunan orang juga ditingkatkan.

“Harus ada persiapan-persiapan dan sosialisasi terhadap masyarakat sebelum pelaksanaan PSBB. PSBB sebagai salah satu upaya memutus mata rantai penularan Covid-19. Kita tidak boleh anggap enteng dan main-main tentang pelaksanaan PSBB. Kalau kita bersungguh-sungguh dalam penanganannya, wabah Covid-19 ini akan segera selesai ,” ucapnya.

Bupati Herdiat mengingatkan para camat dan para kades untuk betul-betul mengawasi dan mengendalikan para pemudik yang pulang dari kota ke desa terutama mereka yang berasal dari daerah zona merah.

“Masih banyak masyarakat Ciamis yang bekerja di rantau. Kami mengimbau untuk tidak pulang dulu. Tundalah kepulangan ke kampung sampai wabah Covid ini reda. Sayangilah keluarga, sayangilah kampung,” kata Bupati.

Halaman
12
Penulis: Andri M Dani
Editor: Sugiri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved