Breaking News:

Dakwah Ramadan

Ramadan dengan Hati yang Gembira dan Bersih

Salah satu bentuk anugerah dan rahmat Allah Swt adalah dipertemukannya kembali kita dengan bulan Ramadan.

Penulis: Oktora Veriawan | Editor: Oktora Veriawan

KH Mohammad Rofiqul A'la Lc MA

Pengasuh Pesantren Ar-Risalah Bandung

ALLAH Swt berfirman dalam QS Yunus 58, "Qul bifa lill hi wa bira matih fa bi¿ lika falyafra huwa khairum mimm yajma'un." Artinya, “Katakanlah dengan kurnia Allah dan rahmat-Nya, seharusnya orang-orang mukmin bergembira. Kurnia Allah dan rahmat-Nya itu (Ramadan) adalah lebih baik dari harta benda yang mereka kumpulkan."

Sahabat, salah satu bentuk anugerah dan rahmat Allah Swt adalah dipertemukannya kembali kita dengan bulan Ramadan. Sudah seharusnya seorang muslim yang benar Islamnya, dan seorang mukmin yang benar akan keimanannya, patut bergembira dengan datangnya bulan Ramadan. Mari kita tanyakan kepada diri masing-masing, apakah kita yang saat ini sudah Allah Swt pertemukan kembali dengan bulan Ramadan merasa gembira atau tidak.

Lalu bagaimana seharusnya kita mewujudkan kegembiraan akan datangnya bulan Ramadan tersebut? Para sahabat Rasulullah Saw, seperti yang diungkap oleh Sayyidina Abdullah Ibnu Mas'ud ra, ketika dia ditanya mengenai bulan Ramadan, menjawab tidak ada satu pun dari para sahabat Rasulullah Saw yang berani menyambut bulan Ramadan sementara di hati mereka ada dengki dan penyakit hati terhadap kaum muslimin lainnya meski itu sebiji sawi, kecil sekali.

Ini nasihat luar biasa, yakni ketika kita diperjumpakan kembali dengan bulan Ramadan, hal pertama yang harus kita lakukan adalah mari kita bebaskan dan lapangkan diri ini dari berbagai macam penyakit hati.

Maafkan orang-orang yang pernah berbuat salah kepada kita meski itu disengaja atau tidak disengaja, yang kita tahu atau tidak tahu. Juga jangan enggan kita untuk meminta maaf kepada orang-orang pernah kita zalimi dan kita sakiti dengan perbuatan ataupun dengan ucapan kita. (*)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved