Pabrik Garmen di Cianjur Terbakar, 4 Kontainer Pakaian Siap Ekspor Hangus, Begini Kronologisnya

Pabrik garmen milik PT Eastern Modern Apparel (EMA) di Kampung Mareleng menghanguskan semua bangunan produksi dan barang pakaian jadi siap ekspor.

tribunjabar/ferri amiril mukminin
Pabrik garmen milik PT Eastern Modern Apparel (EMA) di Kampung Mareleng RT 01/10, Desa Cipeuyeum, Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur, yang terbakar pada Kamis (30/4/2020) sekitar pukul 18.05 WIB. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ferri Amiril Mukminin

TRIBUBJABAR.ID, CIANJUR - Pabrik garmen milik PT Eastern Modern Apparel (EMA) di Kampung Mareleng RT 01/10, Desa Cipeuyeum, Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur, yang terbakar pada Kamis (30/4/2020) sekitar pukul 18.05 WIB telah menghanguskan semua bangunan produksi dan barang pakaian jadi siap ekspor.

HRD PT EMA, Azis (25), mengatakan saat kejadian bertepatan dengan waktu buka puasa. Saat itu hanya tiga security yang berada di pos jaga. Mereka Nunu, Hendra Rusmana, dan Agus Muharom.

"Sumber api berasal dari kepulan asap di bangunan utama, berisi mesin jahit, setrika uap, dan panel listrik," ujar Azis.

Ia mengatakan, api dengan cepat menjalar ke seluruh bangunan karena terdapat kain yang mudah terbakar.

"Saat kejadian, semua karyawan pekerja tidak ada yang sedang bekerja karena sudah pulang," katanya.

Nunu mengatakan kebakaran terjadi bertepatan pada saat jam buka puasa. Diduga dari korsleting panel utama listrik yang terletak di ujung gedung utama

"Dalam wakti 10 menit api langsung menghanguskan gedung utama pabrik. Api menghabiskan barang jadi yang siap ekspor sebanyak empatkontainer. Sedikit terlambatnya kedatangan Damkar membuat gedung utama hangus terbakar. Pada pukul 20.50 WIB, kendaraan taktis water cannon Polres Cianjur tiba di lokasi PT EMA untuk melakukan pemadaman api," katanya.

Kompleks bangunan pabrik yang terbakar meliputi kantor utama, ruang mekanik, panel produksi, gudang pabrik kain, ruang cutting, dan ruang produksi.

kabakaran cianjur_0105
kabakaran cianjur_0105 (ISTIMEWA)

Selama pemadaman api oleh Damkar dan AWC Polres Cianjur dilakukan pengamanan melibatkan personel Polri, TNI, Forkopimcam Haurwangi, dipimpin Kabag Ops Polres Cianjur, Kasat Intelkam, dan Kapolsek Bojongpicung Polres Cianjur.

"Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut. Sumber api dan kerugian materi belum dapat ditafsirkan," katanya.

Luas bangunan pabrik sekitar 6.200 meter persegu hanya tersisa bangunan gudang karton, musala, kantor security, dan mes mamajemen PT EMA.

Jumlah karyawan/pekerja PT EMA saat ini berjumlah sekitar 400 orang.

Sebelum terjadi kebakaran, manajemen PT EMA telah merencanakan akan meliburkan sementara semua karyawan selama 10 hari kerja, terhitung mulai hari Jumat hari ini hingga  10 Mei 2020. Alasan yang dipertimbangkan tidak adanya order, sementara hasil produksi belum dapat diekspor karena terkendala wabah Covid-19. (*)

Penulis: Ferri Amiril Mukminin
Editor: Sugiri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved