3 dari 10 Kecamatan di Kota Tasikmalaya Segera Diberlakukan PSBB, Kecamatan Ini Masuk Zona Merah

Akhirnya Kota Tasikmalaya bakal memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

tribunjabar/firman suryaman
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tasikmalaya, Budi Budiman (baju biru) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Suryaman

TRIBUNJABAR. ID, TASIKMALAYA - Akhirnya Kota Tasikmalaya bakal memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Hal itu diungkapkan Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman, seusai tele conference dengan Gubernur Jabar, Rabu (29/4/2020).

"Barusan kami rapat jarak jauh dengan Gubernur. Salah satu materinya adalah penerapan PSBB di Kota Tasikmalaya. Sekarang mulai kami siapkan. Paling lama seminggu," kata Budi, di Bale Kota.

Ia menyebutkan, pola PSBB di Kota Tasikmalaya akan berbeda dengan daerah lain di Jabar. Yaitu tidak semua kecamatan akan diberlakukan PSBB.

"Kami hanya akan memberlakukan PSBB di tiga dari 10 kecamatan yang ada di wilayah kota. Yaitu Kecamatan Tawang, Cihideung dan Cipedes," ujar Budi.

Polresta Cirebon Bagikan 200 Paket Sembako pada Enam Kelurahan di Kecamatan Sumber

Pasalnya, lanjut Budi, di tiga kecamatan itulah paling banyak sebaran kasus Covid-19. "Jika melihat peta penyebaran, hanya tiga kecamatan itu yang paling banyak terpapar dan masih rentan," katanya.

Model PSBB hanya di tiga kecamatan ini, lanjut Budi, sebenarnya sudah berjalan sejak 31 Maret. Hanya saja Pemkot Tasikmalaya memberikan istilah pembatasan wilayah parsial.

"Jadi tinggal 30 persen lagi kriteria dari pembatasam wilayah parsial ke PSBB,” katanya.

Imbas Covid-19, Tahapan Pilkada di Jabar Diundur 3 Bulan

Langkah yang telah dilakukan pada masa pembatasan wilayah parsial, meliputi penutupan tempat hiburan, sosial dan budaya, sekolah, tempat bekerja hingga tempat ibadah. Semuanya sudah terakomodir dalam surat edaran wali kota.

"Untuk memenuhi kriteria PSBB, tinggal membatasi jam operasional saja," ujar Budi. Kelebihan PSBB adalah adanya sanksi yang bisa diterapkan jika ada warga yang melanggar.

Penulis: Firman Suryaman
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved