39 Napi LP Ciamis Bebas Asimilasi, Seorang Kembali Harus Mendekam di Penjara

Sebanyak 39 napi LP kelas II B Ciamis telah mendapat pembebasan asimilasi dan integrasi.

istimewa
Kapolres Ciamis AKBP Dony Eka Putra S.IK MH bersilaturahmi dengan Kepala Lapas kelas II B Ciamis Drs Dadang Sudrajat di LP Ciamis, Senin (27/4/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Sebanyak 39 napi  LP kelas II B Ciamis  telah mendapat pembebasan asimilasi dan integrasi.

Namun seorang terpaksa dimasukkan lagi (kembali mendekam di LP) karena melakukan tindak pidana.

Hal tersebut diungkapkan Kelapa LP Kelas II B Drs Dadang Sudrajat di hadapan Kapolres Ciamis AKBP Dony Eka Putra dan jajarannya yang melakukan silaturahmi ke LP kelas II B Ciamis, Senin (27/4) siang. Pada kesempatan tersebut Kapolres dan jajarannya diterima di ruang kerja Ka Lapas.

Predikat Zona Kuning Terancam, Dua Warga Cianjur Dinyatakan Positif Covid-19

Menurut Ka Lapas II B Ciamis, Drs Dadang Sudrajat, sesuai dengan Permenkum No 10 tahun 2020, LP Kelas II B Ciamis awal April lalu (1-7/4) telah memberikan pembebasan asimilasi dan integrasi terhadap 39 napi.

"Namun satu orang dimasukkan kembali ke lapas karena kembali melakukan tindak pidana. “Total  napi yang masih berada di luar (Lapas) sebanyak 38 orang,” ujar Ka Lapas Kelas II B Ciamis, Drs Dadang Sudrajat.

Untuk pengawasan terhadap napi tersebut katanya merupakan kewenangan Balai Pemasyrakatan.

Kapolres Ciamis AKBP Dony Eka Putra saat silaturahmi tersebut sempat mengungkapkan bahwa saat sedang viral berita tentang tindak pidana yang dilakukan napi yang mendapatkan pembebasan asimilasi dan integrasi.

“Kondisi ini menjadi atensi jajaran Polri untuk mengantisipasi terjadinya kriminalitas di wilayahnya masing-masing. Terutama yang dilakukan napi yang mendapatkan pembebasan asimilasi dan integrasi,”  ujar Kapolres Ciamis AKBP Dony Eka Putra.

Kasus Positif Covid-19 di Ciamis Tambah Satu, Total Jadi 4 Orang

Untuk itu Kapolres AKBP Dony Eka Putra berharap perlu adanya sinergi antara pihak Polres Ciamis dan Lapas Kelas II B Ciamis.

Guna mengantisipasi terjadinya tindak pidana yang dilakukan para napi tersebut,  pihak LP Kelas II B Ciamis juga siap berkoordinasi dengan pihak Polres Ciamis apabila ada napi yang kembali mendapatkan pembebasan asimilasi dan inrtegrasi (andri m dani)

Penulis: Andri M Dani
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved