Breaking News:

HEBOH Kim Jong Un Disebut Kritis, Bila Meninggal Ini Deretan Kandidat Penggantinya

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, beberapa waktu belakangan ini heboh menjadi sorotan di sejumlah media.

Editor: Dedy Herdiana
KCNA via Sky News
Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un ketika menyaksikan uji coba rudal terbaru yang berlangsung pada Sabtu pekan lalu (4/5/2019). 

TRIBUNJABAR.ID - Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, beberapa waktu belakangan ini heboh menjadi sorotan di sejumlah media.

Pasalnya, ia dikabarkan kritis seusai menjalani operasi kardiovaskular.

Kondisi kesehatan Kim menjadi perhatian sejak absen dari perayaan ulang tahun mendiang kakeknya sekaligus pendiri Korea Utara, Kim Il Sung, pada 15 April lalu.

Sejak Awal April Tak Layani Penerbangan, Tapi Bandara Kertajati Tetap Operasional, Ini Alasannya

Lalu siapa yang bakal menggantikannhya bila Kim Jong Un meninggal dunia?

Sayangnya, Korea Utara tidak pernah memublikasikan siapa yang akan menggantikan Kim Jong Un jika ia sudah tak mampu memimpin.

Namun, para analis mengatakan, adik perempuannya dan para loyalis dapat mengambil alih tampuk kepemimpinan sampai ada penerus yang cukup tua untuk mengambil alih.

Setiap perubahan kepemimpinan di Korea Utara telah meningkatkan prospek kekosongan kepemimpinan atau runtuhnya dinasti Kim, yang telah memerintah negara itu sejak 1948.

Sejauh ini, masing-masing dari tiga Kim yang memerintah Korea Utara telah memupus harapan, dengan berpegang pada kekuasaan tangan besi.

Namun, di bawah komando Kim Jong Un, gudang senjata nuklir dan rudal balistik Korea Utara telah tumbuh secara substansial, meningkatkan kekhawatiran siapa yang akan mengendalikan senjata-senjata itu.

Sempat Dikabarkan Kritis, Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un Justru Terlihat Sehat Ada di Kota Wonsan

Dikutip dari Kompas.com yang melansir dari Reuters, berikut adalah tokoh-tokoh kunci dalam lingkaran kepemimpinan Korea Utara, dan peran apa yang dapat mereka mainkan dalam setiap transisi pada masa depan.

Halaman
1234
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved