"Mayat Korban Corvid-19" Ditemukan Tergeletak di Halaman Polres Ciamis, Simulasi Dihadiri Muspida

Menurut Kapolres Ciamis AKBP Dony Eka Putra, kegiatan simulasi dan pelatihan penanganan jenazah korban Covid-19 yang berlangsung di halaman Mapolres

istimewa
Jajaran Polres Ciamis melaksanakan simulasi penanganan korban Covid-19 di halaman Mapolres Ciamis, Rabu (22/4/2020) pagi. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Sekitar pukul 07.45 WIB pagi Rabu (22/4/2020) anggota Polres Ciamis yang akan apel pagi dikagetkan dengan sesosok “mayat” tergetak di halaman Mapolres yang berlokasi di Jl Sudirman Ciamis.

Tak seorang pun personel yang berani mendekat, karena dikhawatirkan “mayat” tersebut  orang yang tertular virus corona atau penyakit Covid-19.

Beruntung beberapa saat kemudian muncul anggota Dokpol dan satuan lainnya di  Polres Ciamis lengkap dengan pakaian alat pelindung diri ( APD) standard protokol kesehatan.

VIRAL Video Warga Tolak Bantuan Gubernur Jabar, 2 Petugas Pos Jadi Sasaran Emosi Warga Ini Alasannya

“Mayat” tersebut tak sampai lama tergeletak. Karena langsung dievakuasi dari lokasi ke “kamar mayat”.

Di ruang pemulasaran, “jenazah orang tak dikenalkan" tersebut dipulasara sesuai dengan standard protokol kesehatan. Sampai kemudian dimakamkan juga sesuai dengan prosedur protokol kesehatan.

Pengevakuasian “mayat yang diduga orang terpapar Covid-19" yang tergeletak di halaman Mapolres Ciamis Rabu (22/4) pagi tersebut disaksikan langsung oleh Kapolres Ciamis AKBP Dony Eka Putra,  Dandim 0612 Ciamis Letkol Arm Tri Arto Subagio, Ketua DPRD Ciamis H Nanang Permana,  anggota Polres Ciamis dan anggota Kodim 0613 Ciamis serta petugas dari Dinkes Ciamis.

Menurut Kapolres Ciamis AKBP Dony Eka Putra, kegiatan simulasi dan pelatihan penanganan jenazah korban Covid-19 yang berlangsung di halaman Mapolres Ciamis, Rabu (22/4) pagi tersebut sebagai bekal bagi anggota Polres Ciamis.

Sehingga bila sewaktu-waktu dibutuhkan untuk menangani jenazah korban Covid-19,  mereka sudah bisa melakukannya sesuai prosedur protocol kesehatan.

“Langkah pertama yang harus dipahami anggota adalah tata cara menggunakan alat pelindung diri (APD). Sehingga tidak terpapar Covid-19 saat melaksanakan tugas,” jelas Kapolres Ciamis, AKBP Dony Eka Putra.

Bupati Sukabumi Buat Surat Edaran: Antisipasi Covid-19 Sahur, Buka, Tarawih, dan Tadarus #DiRumahAja

Baik itu saat mengevakuasi korban, saat pemulasaran maupun saat pemakaman. Dan paham standard protocol kesehatan ketika mengevakuasi, pemulasaran dan pemakaman korban yang diduga terpapar Covid-19.

“Dan dari pelatihan tersebut. Diharapkan ketika melaksanakan tugas penanganan korban Covid-19, anggota Polres Ciamis dapat mengantisipasi keselamatan diri masing-masing untuk tidak terpapar Covid-19 saat melaksanakan tugas. Mulai penanganan korban di lokasi kejadian, kemudian pemulasaraan dan pemakaman ,” ingat Kapolres AKBP Dony Eka Putra  (andri m dani)

Penulis: Andri M Dani
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved