Breaking News:

Napi di Lapas Cibinong Gotong Royong Bikin 1.000 Face Shield untuk Tenaga Medis di Bogor

Saat ini, pengiriman terus dilakukan untuk fasilitas pelayanan kesehatan di Kabupaten Bogor.

Penulis: Mega Nugraha | Editor: Giri
Tribunjabar/Mega Nugraha
Kepala Divisi Lapas Kanwil Kemenkum HAM Jabar, Abdul Aris. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Warga binaan Lapas Cibinong bergotong royong dalam pembuatan alat pelindung wajah atau face shield bagi para tenaga kesahatan Kabupaten Bogor sejak Sabtu (18/4/2020). Bahan baku face shield itu didapat dan dibeli dari hasil donasi petugas Lapas Cibinong.

"Jadi Lapas Cibinong mendonasikan face shield kepada para tenaga kesehatan rumah sakit dan fasilitas kesehatan tingkat pertama milik Pemkab Bogor karena saat ini tenaga kesehatan sulit mendapat alat pelindung diri di tengah sibuknya menangani pasien Covid 19," ujar Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkum HAM Jabar, Abdul Aris, di Jalan Jakarta, Bandung, Senin (20/4/2020).

Dari donasi yang terkumpul itu, kata Aris, para narapidana atau warga binaan Lapas Cibinong yang akhirnya menjadi tenaga kerja yang membuatnya.

"Totalnya mencapai 1.000 face shield," ujarnya.

Dari 1.000 unit itu dibagikan untuk tenaga medis di RSUD Leuwi Liang, Klinik BPSDM, Klinik Rutan Pondok Bambu, RS Trimitra, Kilinik BNN, dan 18 puskesmas di Leuwiliang.

"Kemudian ke Puskesmas Pabuaran, Ciirmekar, Citeureup, Ciseeng," ujarnya.

Saat ini, pengiriman terus dilakukan untuk fasilitas pelayanan kesehatan di Kabupaten Bogor. Misalnya 12 puskesmas di Parung hingga untuk RSUD Cibinong.

"Segera dikirim ke-13 puskesmas di Jonggol, 14 puskesmas di Jasinga hingga, 15 puskesmas di Cibinong. Semua face shield dibikin warga binaan yang sudah mendapat pelatihan," kata dia.

Menyambut Ramadan, Delia Septianti Eks Ecoutez Rilis Single Muhasabah Cinta

Ini Titik-titik Check Point di Kota Bandung, Wali Kota Cimahi Akan Sanksi Pelanggar PSBB

Selain di Bogor, di Kabupaten Subang, Lapas Subang juga mendapat bantuan kain untuk pembuatan masker.

"Kain yang diterima sedang dijahit untuk dibuatkan masker oleh warga binaan di Lapas Subang. Sekadar menyampaikan pesan, kami di lapas dan rutan serta warga binaan juga fokus membantu penanggulangan penyebaran Covid-19," ucap Aris. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved