VIDEO Wawancara Eksklusif Tribun Jabar Dengan Wali Kota Cimahi

Kalau toko moderen sudah dibatasi jam operasionalnya sampai pukul 17.00 WIB, seperti supermarket dan minimarket. Kalau restoran bisa sampai pukul 20.0

Laporan Wartawan Tribun Jabar Daniel Andreand Damanik
TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) parsial akan diterapkan di Kota Cimahi pada Rabu (22/4/2020).
 
Berikut wawancara eksklusif Tribun Jabar dengan Wali Kota Cimahi Ajay M Priatna di rumah dinasnya pada Sabtu (18/4/2020) terkait kesiapan Kota Cimahi dalam penerapan PSBB :
 
TJ : Bagaimana persiapan Kota Cimahi untuk pelaksanaan PSBB ?
 
Ajay : Persiapannya sudah sangat baik, asalkan masyarakat mau bersama mendukung PSBB. Sangat disayangkan, jika kita sudah berjibaku, tapi tidak diikuti masyarakat.
 
TJ : Bagaimana terkait operasional transportasi umum di Cimahi dan transportasi online selama PSBB diterapkan ?
 
Ajay : Saya sudah perintahkan Dinas Perhubungan Kota Cimahi untuk menghitung berapa jumlah pengemudi angkutan kota di Cimahi. Jika operasional diberhentikan, kami juga pasti memikirkan bagaimana untuk membantu pengemudi. Salah satunya melalui subsidi silang dari Pemerintah. Kalau untuk pengemudi online, kemungkinan besar tidak boleh membawa penumpang, hanya boleh pengiriman paket dan makanan saja.
 
TJ : Jika dalam proses berjalannya PSBB yaitu 14 hari, ada penurunan PDP dan ODP di Cimahi, apakah PSBB tetap dituntaskan ?
 
Ajay :Ya tetap di 14 hari, kalau ada yang terpapar maka kita pantau dan rawat sampai sembuh. Lagi- lagi, yang bisa menghentikan penyebaran ini, hanyalah kita.
 
TJ : Terkait masyarakat yang akan menerima bantuan, bagaimana proses pendataannya ?
 
Ajay : Datanya masih terus dimantapkan, agar tepat sasaran. Tapi, insyaallah tidak ada yang tidak kebagian, semua pasti dapat, sesuai data.
 
TJ : Bapak mengatakan, tidak ada tawar-menawar kepada masyarakat terkait panduan PSBB , bisa dijelaskan pak?
 
Ajay : Satu setengah bulan kita coba memberi pengertian, tapi angka pasien positif terus bertambah, artinya kami harus tegas. Ini bukan kepentingan Kota, tapi kita menjalankan amanat undang-undang. Negara wajib melindungi rakyat, kami sedang melaksanakannya, sekuat tenaga akan melindungi rakyat.Virus tidak bisa berpindah sendiri, bisa bergerak kalau kita bergerak, maka diam di rumah, kalau mau keluar rumah, gunakan masker.
 
TJ : Bagaimana dengan pertokoan dan penjual makanan ?
 
Ajay ; Kalau toko moderen sudah dibatasi jam operasionalnya sampai pukul 17.00 WIB, seperti supermarket dan minimarket. Kalau restoran bisa sampai pukul 20.00 WIB, dengan catatan tidak boleh menerima konsumen yang mengkonsumsi makanan di restoran, harus dibawa pulang.
 
TJ : Persiapannya sudah baik pak ?
 
Ajay : Sudah, karena sudah 10 hari Kota Cimahi melaksanakan semi PSBB. Melalui kesadaran sendiri, sejumlah jalan dan gang sudah ditutup oleh masyrakat setempat. Toko retail juga sudah dibatasi operasionalnya sampai pukul 17.00 WIB.
Penulis: Daniel Andreand Damanik
Video Editor: Wahyudi Utomo
Penulis: Daniel Andreand Damanik
Editor: yudix
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved