Virus Corona di Jabar

Bupati Ciamis Wanti-wanti Jangan Sampai Ada Warganya yang Kelaparan Gara-gara Covid-19

Kondisi saat ini kata Bupati Herdiat cukup mengkhawatirkan, jumlah orang yang terpapar dan positip Covid-19 di tingkat nasional trend-nya terus naik.

TRIBUN JABAR / ANDRI M DANI
DAPUR UMUM-Membantu warga yang terimbas pandemi Covid-19, Polres Ciamis dan Kodim 0613 Ciamis, Rabu (15/4/2020) resmi membuka dapur umum di Alun-Alun Ciamis. 

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS - Bila penyebaran pandemi Covid-19 terus berkepanjangan, perlu diantisipasi terjadinya kelaparan di kalangan masyarakat Ciamis, Jawa Barat.

Sebelum kenyataan buruk itu terjadi, perlu diambil langkah-langkah strategis supaya tidak terjadi kekurangan pangan.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Ciamis Dr H Herdiat Sunarya MM saat memimpin rapat Refocusing dan Realokasi APBD Kabupaten Ciamis tahun anggara 2020 dalam rangka pencegahan penyebaran dan percepatan penanganan Covid-19 di Aula Setda Ciamis, Sabtu (18/4) siang.

Rapat tersebut dihadiri Wabup Ciamis Yana D Putra, jajaran Asda, Inspektur, Kepala dinas dan kepala badan Lingkup Pemkab Ciamis berikut Direktur RSUD Ciamis.

Kondisi saat ini kata Bupati Herdiat cukup mengkhawatirkan, jumlah orang yang terpapar dan positip Covid-19 di tingkat nasional trend-nya terus naik.

Penyebaran dan penularan Covid-19 masih terus berlangsung dan belum terputus.

Bila penyebaran Covid-19 terus berlangsung katanya yang perlu diwaspadai dan menjadi perhatian utama adalah ketahanan dan ketersediaan pangan.

Bila penyebaran virus terus berkepanjangan yang perlu dikhawatirkan adalah terjadinya kekurangan pangan.

“Makanya perlu ada kebijakan segala bentuk hasil pertanian tidak dijual ke luar daerah. Namun dipersiapkan untuk kebutuhan dalam daerah sendiri,”  ingat Bupati Herdiat.

Bupati Herdiat mengingatkan SKPD berwewenang untuk segera mengajak masyarakat untuk bertani dan beternak. Menanam tanaman pangan yang usia panennya tidak terlalu lama seperti ubi jalar, singkong, ikan dan sebagainya. Langkah tersebut harus dilakukan sejak sekarang,

Halaman
12
Penulis: Andri M Dani
Editor: Ravianto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved