Pemkab Ciamis Siapkan Rp 35 M untuk Penanganan Covid-19, 190 Ribu KK Diajukan Dapat Bantuan

Mengenai kondisi terakhir Covid-19 di Ciamis, Yana D Putra mengatakan dua pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

TRIBUNJABAR/ANDRI M DANI
WABUP Ciamis, Yana D Putra (kiri), didampingi Kadinkes Ciamis, Yoyo, menerima bantuan 155 liter cairan desinfektan dari Charoen Pokphand di Posko Gugus Tugas/PIK Covid-19 Ciamis, Senin (13/4/2020).    

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis menyiapkan dana sebesar Rp 35 miliar untuk penanggulangan pademi Covid-19. Sebesar Rp 11 miliar di antaranya merupakan alokasi dana tak terduga (DTT) APBD Ciamis tahun anggaran 2020.

“Total DTT sebesar Rp 11 miliar sepenuhnya digunakan untuk penanggulangan Covid-19. Selebihnya dari pergeseran anggaran, baik itu dari DAK, penghapusan biaya perjalanan dinas, dana makan minum, dan sebagainya termasuk dari dana desa,” ujar Wabup Ciamis, Yana D Putra, kepada seusai menerima bantuan 155 liter cairan disinfektan dari Charoen Pokphand di Posko PIK Covid-19 Ciamis, Senin (13/4/2020).

Pergeseran sejumlah anggaran untuk kepentingan penanggulangan Covid-19 seperti alokasi anggaran perjalanan dinas dengan pertimbangan dalam kondisi saat ini sudah tidak ada perjalanan dinas. “Demikinan pula dengan alokasi anggaran untuk makan-minum (mamin) digeser untuk dana penanggulangan Covid-19,” katanya.

Demikian juga dana bantuan pusat berupa DAK. Dana bantuan provinsi juga digeser untuk penanggulangan Covid-19. Namun dana bantuan untuk pendidikan dan kesehatan tidak tersentuh.

Guna membantu warga miskin baru akibat terdampak pandemi Covid-19, Pemkab Ciamis sudah mengajukan kuota 190 ribu kepala keluarga (KK) untuk mendapatkan bantuan. Sebanyak 38 ribu KK dari data lama dan 152 ribu KK dari pendataan baru. Termasuk ajuan kartu prakerja.

Mengenai kondisi terakhir Covid-19 di Ciamis, Yana D Putra mengatakan dua pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Delapan orang juga positif dari hasil rapid diagnostic test. Serta ada 16 pasien dalam pengawasan (PDP).

Wabup Ciamis, Yana D Putra, didampingi Kadinkes Ciamis, Yoyo, menerima bantuan 155 liter disinfektan dari Charoen Pokphand  yang diserahkan oleh perwakilan peternak, Heri Dermawan.

Gubernur Jabar Sebut Swab Test Bisa Sasar 1.200 Orang Per Hari Mulai Pekan Ini

Sesuai Instruksi Kapolri, Puluhan Personel Ditpolairud Polda Jabar Donor Darah Bantu Jaga Stok

Sebanyak 155 liter cairan disinfektan tersebut akan didistribusikan ke desa-desa yang kini menjadi fokus penanggulangan Covid-19 guna memutus mata rantai penularan virus mematikan tersebut.

"Untuk menyemprot rumah warga, fasilitas umum, sarana ibadah, dan kawasan permukiman,” ujar Yana D Putra. (*)

Penulis: Andri M Dani
Editor: Sugiri
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved