Tips Merawat Riding Gear Selama Work From Home

Ini dia tips membersihkan riding gear atau perlengkapan saat mengendarai motor di kala work from home.

Istimewa
Membersihkan Riding Gear 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Dengan kondisi seperti sekarang ini, membuat hampir seluruh kegiatan berhenti dan mengharuskan kita untuk berdiam di rumah.

Hal tersebut menghentikan hampir seluruh aktivitas yang biasa dilakukan ketika kita akan berpergian ke kantor atau ke tempat manapun yang biasa dikunjungi menggunakan motor sehari-hari.

Biasanya selama pergi menggunakan sepeda motor, untuk selalu #Cari_Aman kita harus selalu menggunakan perlengkapan riding gear yang melekat di tubuh kita agar aman dan nyaman dalam berkendara.

Riding gear yang wajib digunakan di dalam berkendara adalah helm, jaket, sarung tangan, dan sepatu.

Dalam kondisi Work From Home (WFH) seperti sekarang ini, terdapat banyak waktu bagi kita untuk lebih memperhatikan kebersihan riding gear yang kita miliki agar kesehatan tubuh pengendara motor tetap terlihat prima.

“Banyak pengendara sepeda motor langsung menyimpan perlengkapan berkendaranya seperti jaket, helm, sarung tangan dan bahkan ada yang menyimpan di tempat yang tidak semestinya,” kata Ludhy Kusuma sebagai Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora.

Padahal itu berisiko merusak, karena keringat masih menempel di permukaan lapisan kulit riding gear. Terutama pada saat kondisi hujan, sehingga membuat riding gear menjadi basah. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat riding gear, di antaranya :

1. Saat tiba di rumah riding gear seperti jaket, sarung tangan, dan sepatu yang basah sebaiknya dikeringkan terlebih dahulu dan disimpan di ruangan yang terbuka dengan kondisi cahaya lampu yang cukup agar tetap menjaga kondisi ruangan tetap hangat yang membantu riding gear tersebut cepat menjadi kering. Namun jika kondisi riding gear tersebut dalam kondisi yang kering cukup di bersihkan dengan menggunakan lap yang bersih.

2. Untuk helm sebaiknya dilap dan dibersihkan dahulu terutama bagian kaca agar tidak ada kotoran yang menempel yang pada akhirnya dapat menyebabkan kaca menjadi berjamur. “Untuk bagian dalam dari helm yang bisa dibuka sebaiknya dijemur dan dibersihkan agar kering dari keringat setelah berkendara,” jelas Ludhy.

3. Semua riding gear seperti helm, jaket, sarung tangan, dan sepatu tetap dijaga kelembapannya secara cukup agar riding gear tersebut tidak cepat rusak seperti terkelupas karena terlalu kering ataupun terlalu lembab yang mengakibatkan jamur atau bakteri dapat tumbuh dengan subur di bagian yang lembab. 

4. Disarankan menggunakan pengharum khusus riding gear untuk tetap menjaga kondisi kelembapan permukaan dari riding gear tersebut.

5. Secara rutin membersihkan jika mulai terlihat ada debu dan kotoran yang menempel serta memberikan pengharum yang biasa digunakan agar kondisi riding gear seperti Helm, Jaket, Sarung Tangan, Sepatu dapat selalu nyaman dikenakan.

6. Jika diperlukan silahkan menggunakan cairan disinfektan dengan cara dilap ke bagian-bagian yang dirasa sering disentuh dan terlihat kotor. “Hal ini juga perlu dilakukan secara rutin terutama untuk jaket, sarung tangan, dan sepatu dengan bahan kulit  agar kondisinya tetap nyaman digunakan,” kata Ludhy.

Dengan melakukan perawatan, akan semakin membuat penampilan pengendara menjadi lebih prima serta nyaman saat berkendara.

“Dengan momen WFH saat ini penting bagi setiap pengendara untuk tetap menjaga kesehatan dengan cara memahami bagaimana merawat riding gear dengan baik dan benar, karena jika tidak maka akan sering terjadi kerusakan seperti termakan jamur, atau jadi kaku untuk jaket, sarung tangan dan sepatu sehingga tidak nyaman dikenakan,” ucap Ludhy.

Editor: taufik ismail
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved