Kementerian Agma Keluarkan Edaran Bayar Zakat Sebelum Ramadan, Baznas Jabar Lakukan Ini

Surat edaran tersebut masih baru dan masih ada potensi terjadi perbedaan pendapat di beberapa kalangan tentang pembayaran zakat sebelum bulan puasa.

jabarprov.go.id
KETUA Baznas Jabar, Arif Ramdani 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jawa Barat tengah merumuskan teknis pembayaran zakat serta pendistribusiannya yang harus dipercepat, sesuai dengan anjuran Kementerian Agama.

Kementerian Agama menganjurkan pembayaran zakat dipercepat menjadi sebelum Ramadan.

Anjuran pembayaran zakat tersebut tertuang dalam Surat Edaran Kementerian Agama Nomor 6 Tahun 2020 yang berisi panduan ibadah Ramadan dan perayaan Idulfitri 1 Syawal 1441 H di tengah mewabahnya virus corona.

Dalam surat edaran itu, pada poin 11 dituliskan umat Islam dianjurkan membayarkan zakat sebelum Ramadan agar dapat segera diberikan kepada para mustahik.

Ketua Baznas Jabar, Arif Ramdani, mengatakan, surat edaran tersebut masih baru dan masih ada potensi terjadi perbedaan pendapat di beberapa kalangan tentang pembayaran zakat sebelum bulan puasa.

"Karena sebagaimana kita ketahui, untuk zakat di sektor tertentu hitungannya 12 bulan, misalnya perdagangan, ternak, dan lain-lain. Kalau petani, kan, saat panen, kalau pegawai dari gaji bisa dibayarkan 2,5 persen dari gajinya," ujar Arif Ramdani saat dihubungi, Kamis (9/4/2020).

Sejak mendapat surat edaran tersebut, pihaknya langsung berkoordinasi dengan daerah lain di Jawa Barat untuk menyamakan persepsi agar tidak terjadi perdebatan di kemudian hari.

Mendapat 435 Klien Tambahan, Bapas Kelas I Cirebon Berlakukan Bimbingan Secara Online

"Kami sedang menyatukan persepsi dengan kota/kabupaten, tentu pendapat ulama ada yang boleh menyegerakan itu, termasuk pembayaran zakat fitrah. Jadi kami sekarang sedang berkoordinasi dengan Baznas di kota dan kabupaten bagaimana implementasinya di lapangan," katanya.

Anggota DPR RI Berikan Sembako untuk 11 Posko Perbatasan Penanggulangan Covid-19 Majalengka

Ia pun belum dapat memastikan kapan pembayaran zakat bagi umat musim di Jawa Barat mulai dilakukan.

Merujuk pada surat edaran tersebut, kata Arif, kemungkinan prosesnya akan dilakukan dalam waktu dekat.

"Saya sangat memahami adanya surat edaran ini berkaitan dengan situasi kedaruratan di mana masyarakat kita yang terdampak secara ekonomi, terutama mustahik atau orang yang berhak menerima zakat mereka tentu sangat tedampak dan memerlukan bantuan segera mungkin. Insya Allah akan kami laksanakan setelah menyamakan persepsi," ucapnya. (*)

Penulis: Nazmi Abdurrahman
Editor: Sugiri
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved