Banjir di Sukaresik Tasikmalaya, Lima Hektare Sawah Sudah Menguning Terancam Gagal Panen

Sekitar lima hektare sawah siap panen terancam gagal panen karena terendam banjir, di Kampung Bojongsoban

tribunjabar/firman suryaman
Banjir di Sukaresik Tasikmalaya, Lima Hektare Sawah Sudah Menguning Terancam Gagal Panen 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Suryaman

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Sekitar lima hektare sawah siap panen terancam gagal panen karena terendam banjir, di Kampung Bojongsoban dan Bojongwaru, Desa Tanjungsari, Kecamatan Sukaresik, Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (8/4/2020).

Sejumlah warga yang ditemui di lokasi banjir, menuturkan, sawah yang terendam banjir, rata-rata hampir menguning dan sebentar lagi dipanen.

"Mungkin sekitar dua minggu lagi bisa dipanen. Tapi datang banjir, kami hanya bisa pasrah," kata Adang (64), warga Kampung Bojongsoban.

Menurut Adang, total sawah yang terendam banjir mencapai lima hektare. Rata-rata hampir siap panen. Bahkan ada yang sudah dipotong dan ditumpuk. Tapi tak sempat ditumbuk untuk diambil padinya.

Hotman Paris Ajak Warga Mampu hingga Anggota DPR Menyumbang Beras, Buat Rakyat Terdampak Corona

"Tapi keburu datang banjir. Kalau sudah terendam begini, biasanya pertumbuhannya terganggu. Padahal tinggal menghitung hari bisa dipanen," kata Idang (34), warga lainnya.

Idang dan Adang belum bisa menghitung kerugian yang akan diderita warga. Yang jelas, sawah seluas lima hektar dan sebentar lagi dipanen itu merupakan sumber mata pencaharian sebagian besar warga Kampung Bojongsoban dan Bojongwaru.

"Bahkan ada sebagian sawah carik milik kepala desa yang ikut terendam," kata Idang. Total persawahan di Desa Tanjungsari sendiri mencapai 32 hektare.

Jambu Biji Merah Disebut Bisa Hambat Infeksi Virus Corona hingga DBD, Begini Segudang Manfaatnya

Penulis: Firman Suryaman
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved