Guru Bernama Virus Corona, Kita Belajar Bersih, Sehat, Setiap Hari

Virus corona atau Covid-19 itu menakutkan. Iya. Tapi virus yang semula ada di Wuhan Cina ini juga mengajarkan semua orang untuk hidup bersih dan sehat

Guru Bernama Virus Corona, Kita Belajar Bersih, Sehat, Setiap Hari
dokumentasi
Kisdiantoro

Oleh Kisdiantoro
Wartawan Tribun Jabar

Virus corona atau Covid-19 itu menakutkan. Iya. Tapi virus yang semula ada di Wuhan Cina ini juga mengajarkan semua orang untuk hidup bersih dan juga sehat.

Sejak Presiden Jokowi mengumumkan ada dua orang warga negera Indonesia (WNI) positif terinfeksi virus corona, semua orang ‘terbangun.’ Kita berusaha mencari tahu apa itu virus corona dan upaya menangkalnya.

Kampanye yang terus dilakukan pemerintah adalah membiasakan untuk mencuci tangan setiap kali setelah beraktivitas, demikian ketika hendak masuk rumah, sebelum bersentuhan dengan suami, istri, dan anak-anak. Atau sebelum tangan kita menjamah makanan di rumah.

Masjid Ashidiq di Kompleks Perkantoran Pemda KBB Dijadikan Ruang Isolasi Pasien Covid-19

Anda yang Muslim, mestinya menangkap kampanye ini bukan sesaitu yang baru. Sebab, Islam mengajarkan wudhu.

Minimal lima kali sebelum mengerjakan salat 5 waktu. Jika Anda mejaga wudhu, maka Isnya Allah kesehatan akan menyertainya.

Kampanye kedua adalah mengenakan masker. Warga begitu antusias menangkap pesan ini, sampai-sampai untuk mendapatkan masker pun susah.

Masker hilang di pasaran karena memang kebutuhan sangat banyak, tapi juga karena ada sebagain orang mencari keuntungan di tengah wabah virus corona.

Warga Kota Tasikmalaya Diminta Jangan Lengah, Jumlah Pasien Positif Covid-19 Jadi 9 Orang

Terungkap ada orang-orang yang menimbun masker, ada juga orang yang mencuri masker di Gudang rumah sakit, lalu menjualnya.

Bersyukur, dari kelangkaan masker ini, orang juga menjadi belajar berbagi, belajar merasakan derita orang lain. Banyak Lembaga atau individu yang terketuk hatinya turut membagikan masker secara gratis kepada masyarakat. Bahkan ada orang-orang yang sengaja memproduksi masker kain dengan harga murah atau membagikan gratis kepada teman-temannya.

Halaman
12
Penulis: Kisdiantoro
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved