Polres Majalengka Gelar Tactical Floor Game untuk Antisipasi Hal Terburuk Akibat Covid-19

Diterapkan simulasi lockdown Kabupaten Majalengka jika terjadi situasi yang tidak kondusif dengan menutup akses masuk di berbagai titik.

Tribun Cirebon/Eki Yulianto
SUASANA gelaran tacitical floor game di Polres Majalengka, Senin (6/4/2020). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNJABAR.ID, MAJALENGKA - Polres Majalengka menggelar tactical floor game di Gedung Serba Guna Sarja Arya Racana Mapolres Majalengka, Senin (6/4/2020). Kegiatan itu guna mengantisipasi dampak keamanan dari Kebijakan Pemerintah PP Nomor 2 Tahun 2020 terkait Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Kapolres Majalengka, AKBP Bismo Teguh Prakoso, mengatakan kegiatan TFG ini sebagai bentuk kesiapan apabila kedepan terjadi tahapan darurat sipil di Kabupaten Majalengka.

Selain itu, pihaknya juga melakukan beberapa simulasi sebagai upaya yang dilakukan oleh TNI-Polri serta stakeholder lainnya menghadapi situasi tersebut.

"Dalam tactical floor game ini dilakukan juga dengan simulasi penanganan ancaman kontijensi mulai dari pengamanan dengan eskalasi aman sampai ke eskalasi yang membahayakan seperti penjarahan dan perusakan," ujar Bismo, Senin (6/4/2020).

Disampaikannya, juga terdapat simulasi pengerahan dalmas awal untuk situasi eskalasi hijau hingga ke pasukan antihuru-hara brimob untuk eskalasi merah.

Selain itu, diterapkan simulasi lockdown Kabupaten Majalengka jika terjadi situasi yang tidak kondusif dengan menutup akses masuk di berbagai titik di wilayah perbatasan.

"Selain itu, ketersedian bahan pokok juga selalu kami cek. Untuk satu minggu ini sudah kami data dan cukup untuk masyarakat di Kabupaten Majalengka. Tetapi kami belum bisa memastikan untuk kesiapan bahan pokok satu bulan ke depan," ucapnya. 

Kapolres menambahkan, kegiatan jangka pendek sudah sering dilakukan Polres Majalengka. Polsek juga bersinergi dengan instansi terkait lainnya.

Oleh karena itu, pihaknya kini menyiapkan strategi jangka panjang dalam menghadapi pandemi virus corona ini.

Hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 0617/Majalengka, Kasat Pol PP, Kepala Dinas Perhubungan, BPBD, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka. (*)

Penulis: Eki Yulianto
Editor: Sugiri
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved