Diskoperindag Purwakarta Pastikan Ketersediaan Sembako Aman dan Harga Stabil

Harga sembako di Pasar Citeko, Plered, terbilang masih stabil. Bawang merah berkurang dari harga Rp 32 ribu menjadi Rp 30 ribu.

TRIBUN JABAR/MEGA NUGRAHA
Sapi yang dijual di Pasar Hewan Purwakarta. Stok daging sapi di Purwakarta masih aman. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (UKM), Perdagangan, dan Perindustrian (Diskoperindag) Purwakarta selalu mendata harga dan ketersediaan komoditas di seluruh pasar atau ritel di wilayah Purwakarta. Pendataan dilakukan berkala, seminggu dua kali di hari Senin dan Kamis.

Kepala Seksi Pengadaan, Penyaluran, dan Promosi Disperindag Purwakarta, Sutrisno, mengungkapkan persediaan bahan-bahan sembako sejauh ini tercukupi seperti yang terdata pada 17 distributor maupun ritel seperti Tokma, Bulog, Giant, dan Yogya.

"Komoditas sembako aman, seperti beras ada 22,1 ton, gula pasir 91 ton, minyak goreng 199,7 liter, mi instan 767 ribu dus, telor 67,8 ribu kilogram, daging sapi 16,2 ribu kilogram, ayam lima ribu kilogram, susu 38,8 ribu pieces, dan garam lima ribu kilogram," katanya di kantornya, Senin (6/4/2020).

Ketersediaan komoditas ini, Sutrisno menyebut untuk tiga hari ke depan dan pihaknya terus-menerus memantau guna memberikan perkembangan terkini.

Dia menjelaskan, harga sembako di Pasar Citeko, Plered, terbilang masih stabil. Bawang merah berkurang dari harga Rp 32 ribu menjadi Rp 30 ribu. Cabai merah dari Rp 30 ribu menjadi Rp 25 ribu.

"Untuk pasar di Wanayasa harga tetap atau stabil. Di Pasar Leuwipanjang bawang putih turun dari Rp 44 ribu menjadi Rp 42 ribu, buncis Rp 20 ribu menjadi Rp 18 ribu," katanya.

Mengenai komoditas yang harganya diprediksi bakal melonjak menjelang puasa atau Lebaran, Sutrisno menyebut cabai, seperti cabai kriting, cabai biasa, dan cabai rawit. Selanjutnya bakal ada kenaikan di daging sapi.

"Biasanya pada H-3 puasa dan H-5 Lebaran. Tapi, kami akan selalu koordinasi dengan para UPTD pasar se-Purwakarta," katanya. (*)

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Sugiri
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved