Kuliner Kuningan

Wedang Uwuh atau Wedang Runtah, Asal Jawa, Berbahan Rempah, Dipercaya Bisa Tangkis Virus Corona

Minuman Wedang Uwuh alias Wedang Runtah yang terkenal sebagai minuman Khas Jawa ini, dianggap sebagai minuman pengakal penyebaran virus corona.

Tribunjabar.id/Ahmad Ripai
Wedang Uwuh buatan cafe dan resto agra station. 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNJABAR.ID, KUNINGAN – Minuman Wedang Uwuh alias Wedang Runtah yang terkenal sebagai minuman Khas Jawa ini, dianggap sebagai minuman pengakal penyebaran virus corona.

“Pembuatan wedang itu semuanya berbahan dari rempah–rempah,” Kata Manajer Rumah Makan Agra Station, Bambang saat ditemui di lapak usahanya, Jalan Cut Nyak Dien, Kabupaten Kuningan, Jumat (3/02/2020).

Bambang menjelaskan, komposisI dalam Wedang Uwuh itu dilengkapi dengan potongan jahe, cengkeh, daun cengkeh, daun salam, kapolaga,kayu manis, kayu secang dan sereh.

Mudik Tak Dilarang Bikin Daerah Pusing, Ini 8 Titik Masuk Kabupaten Garut yang Bakal Dijaga Ketat

“Cara penyeduhnya biasanya, namun ketika ingin ada manis- manisnya saat diminum itu pakai gula batu atau gula aren,” ujar Bambang.

Cara langsung untuk mendapatkan, kata dia, pengunjung bisa datang ke agra café dan resto. Disamping itu, untuk perbungkus bisa di uangkan sebesar Rp. 13 ribu.

Manajer cafe dan resto Agra Station, Bambang sedang menjelaskan khasiat dan kegunaan Wedang Uwuh.
Manajer cafe dan resto Agra Station, Bambang sedang menjelaskan khasiat dan kegunaan Wedang Uwuh. (Tribunjabar.id/Ahmad Ripai)

“Minuman ini terbilang murah. Selain sebagai salah satu penangkal penyebaran virus corona, minuman ini sangat cocok di nikmati di daerah kuningan yang berpegunungan begini,” ujarnya.

Bambang menceritakan, minuman atau wedang uwuh memang sudah sangat terkenal di daerah Jawa.

“Karena, komposisi dan hasil dari pada racikannya mudah di dapat di lingkungan sekitar,” ungkap Bambang lagi.

Di musim pandemic virus corona Covid-19 saat ini, kata dia, jumlah penjualan tidak memuaskan seperti pada waktu sebelumnya.

Halaman
12
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved