Ridwan Kamil Minta Pemkab Edukasi Masyarakat tentang Pemakaman Jenazah Covid-19

Terlebih, lanjut dia, ilmu kedokteran menyatakan bahwa virus akan mati dalam waktu tujuh jam dalam tubuh jenazah.

humas jabar
Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyerahkan secara simbolis 1.000 APD kepada lima direktur utama rumah sakit rujukan COVID-19 di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Sabtu (21/3/20). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, sudah mengirim surat kepada semua kepala daerah di 27 kabupaten dan kota di Jabar untuk memaksimalkan persiapan pemakaman jenazah pasien Covid-19. Hal itu menyusul adanya penolakan dari masyarakat di sejumlah daerah, termasuk di Jabar.

"Agar melakukan persiapan pemakaman dengan maksimal, melakukan edukasi kepada masyarakat, dan juga memungkinkan menyiapkan makam juga yang khusus, yang bisa digunakan secara maksimal untuk pasien Covid-19," kata Gubernur yang akrab disapa Emil ini di Gedung Pakuan, Jumat (3/4).

Dalam surat edaran itu dia mengimbau setiap pemerintah kota/kabupaten agar memberikan edukasi kepada masyarakat. Sehingga, masyarakat lebih memahami tindakan yang dilakukan dalam pemulasaran jenazah pasien Covid-19 sudah sesuai dengan prosedur dan dipastikan aman.

Terlebih, lanjut dia, ilmu kedokteran menyatakan bahwa virus akan mati dalam waktu tujuh jam dalam tubuh jenazah.

Kemudian, pihak rumah sakit pun mengupayakan agar tidak ada peluang virus, jika masih hidup dalam jenazah, menular ke lingkungannya.

"Sehingga saya imbau untuk menggunakan ilmu dalam mengambil keputusan. Jangan oleh provokasi tanpa ilmu dan pengetahuan. Bukan dengan cara irasional," katanya.

Dalam menyikapi pemakaman jenazah pasien Covid-19 ini, dia memastikan sudah mendapatkan fatwa dari sejumlah ulama.

Emil pun menyampaikan pemakaman jenazah pasien Covid-19 akan melibatkan kepolisian dan TNI untuk mengedukasi masyarakat. (*)

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Sugiri
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved