Jawa Barat, Jakarta, dan Banten Disebut Jadi Daerah Paling Rentan Terhadap Pandemi Corona

Tiga provinsi di Indonesia, yaitu DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat paling rentan terhadap pandemi Covid-19.

Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung gencar melakukan kegiatan pencegahan penyebaran penyakit akibat infeksi virus corona (covid-19). Salah satunya melalui disinfeksi (penyemprotan disinfektan) mulai dari tingkat kabupaten hingga ke tingkat desa. 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Tiga provinsi di Indonesia, yaitu DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat paling rentan terhadap pandemi Covid-19.

Menurut Direktur Riset Katadata, Mulya Amri, ketiga provinsi itu menanggung risiko dari mobilitas penduduk yang tinggi, karakteristik wilayah dengan penduduk padat serta kualitas udara yang buruk.

Mulya menilai DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat mendapat skor kerentanan yang saling berdekatan karena terkait dalam kawasan megapolitan Jabodetabek.

Kawasan ini menampung lebih 10 persen jumlah penduduk Indonesia dalam kepadatan mendekati 5.000 orang per km2.

Skor ketiga provinsi ini juga jauh lebih tinggi daripada skor provinsi yang paling rentan berikutnya, yaitu Kepulauan Riau.

Untuk lebih detailnya, skor indeks dan sub-indeks ini bisa diakses melalui laman website Databoks.

Stres Dihantui Wabah Virus Corona? Begini Cara Mengatasinya Biar Tak Kepikiran Terus

Menurut Mulya, indeks kerentanan ini dapat menjadi referensi bagi pemerintah dalam mengambil kebijakan untuk menekan penyebaran virus Covid-19 di tengah masyarakat.

Untuk provinsi dengan tingkat mobilitas tinggi dan padat penduduk yaitu DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat, penanganannya lebih tepat dengan physical distancing (jaga jarak fisik) dan pembatasan aktivitas di luar rumah.

Sebagai pembanding, Katadata Insight Center juga memetakan kondisi layanan kesehatan provinsi dalam menghadapi Covid-19.

Parameter yang digunakan yaitu keberadaan fasilitas kesehatan dan tenaga kesehatan per penduduk, serta anggaran kesehatan yaitu besarnya APBD untuk fungsi kesehatan per kapita.

Kondisi dari Stadion GBLA setelah batal dijadikan lokasi dari penyelenggaraan Rapid Test Massal Covid-19. Kamis (2/4/2020).
Kondisi dari Stadion GBLA setelah batal dijadikan lokasi dari penyelenggaraan Rapid Test Massal Covid-19. Kamis (2/4/2020). (Tribun Jabar/Cipta Permana)
Halaman
12
Editor: Yongky Yulius
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved