Menengok Pembuatan Masker oleh Narapidana di Lapas Purwakarta, Turut Bantu Cegah Covid-19

Mewabahnya virus corona di Purwakarta berdampak pada langkanya masker di apotek atau minimarket

tribunjabar/nandri prilatama
Menengok Pembuatan Masker oleh Narapidana di Lapas Purwakarta 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Mewabahnya virus corona di Purwakarta berdampak pada langkanya masker di apotek atau minimarket. Hal ini kemudian menggugah Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Purwakarta memproduksi sendiri masker dari bahan kain.

Kasi Pembinaan dan Kegiatan Kerja Lapas Kelas IIB Purwakarta, Asep Saripudin didampingi Kasubsi Kegiatan Kerja, Herny Agustin mengatakan awal mula produksi masker ini lantaran sulitnya mendapatkan masker, sehingga ini sebagai langkah  mengantisipasi penyebaran Covid-19.

"Kami utamakan masker hasil lapas ini untuk para pegawai dahulu. Dan kami bagikan pula kepada warga binaan per orangnya satu masker," ujar Asep di Lapas Purwakarta, Kamis (2/4/2020).

Di Tengah Wabah Covid-19, Petugas Pengangkut Sampah di KBB Tetap Bekerja Dibekali APD

Ada sebanyak enam warga binaan yang membuat masker di ruang konveksi ini. Seharinya, Herny menyebut para warga binaan ini mampu membuat masker sebanyak 30 masker.

"Kami sih gak kejar target membuat masker ini, lagipula kami gak jual ke luar untuk buatan kami ini, sebab untuk kami saja masih terbatas," ujar Herny.

Sebelum pembuatan masker ini, para warga binaan membuat pernak-pernik dan boneka berbagai ukuran. Hasil dari konveksi ini, kata Asep terkendala di pemasarannya karena kalah bersaing dengan buatan-buatan perusahaan lain.

"Memang segi penjualan kami ke depan bakal manfaatkan teknologi. Jadi, sementara ini kami pasarkannya ke orang yang berkunjung ke lapas," ujarnya.

SPSI Kritisi DPR RI yang akan membahas Omnibus Law di Tengah Wabah Covid-19

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved