Gara-gara Covid-19, Kualitas Udara di Indonesia Lebih Baik

Pemberlakuan pembatasan penerbangan dan pelarangan masuk dan transit warga negara asing (WNA) menurunkan lalu lalang pesawat terbang

TRIBUN JABAR / GANI KURNIAWAN
Illustrasi. Kualitas udara di Indonesia membaik selama wabah corona 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Larasati Dyah Utami

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Belakangan beredar di kalangan warganet foto-foto biru dan bersihnya langit kota Jakarta dan sekitarnya akibat dampak kebijakan bekerja dari rumah (work from home/WFH).

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) membenarkan hal tersebut.

Disampaikan, kualitas udara di Indonesia, khususnya kota Jakarta jauh lebih bersih karena pembatasan pergerakan masyarakat untuk cegah penyebaran virus corona (Covid-19).

"Iya benar, karena penyumbang polusi terbesar di Jakarta adalah lalu lintas udara," ujar Heri Budi Wibowo, Peneliti Utama Pusat Teknologi Roket LAPAN saat dihubungi Kamis (2/4/2020).

Diambil dari data satelit dan data pengamatan dengan balon udara dan spektrum UV, bahwa polusi udara di Jakarta dipengaruhi paling besar oleh polusi kendaraan bermotor.

Pemberlakuan pembatasan penerbangan dan pelarangan masuk dan transit warga negara asing (WNA) menurunkan lalu lalang pesawat terbang ke Indonesia yang juga menurunkan kadar polusi di Indonesia, khususnya di Jakarta.

"Ada penjelasannya di beberapa publikasi LAPAN. Salah satunya adalah publikasi dari Ibu Prof Ninong (LAPAN), diambil dari data satelit dan data pengamatan dengan balon udara dan spektrum UV, bahwa polusi udara di Jakarta dipengaruhi paling besar oleh polusi kendaraan bermotor," lanjut Heri.

Teknologi satelit yang dimiliki LAPAN dikatakan Heri Budi Wibowo dapat digunakan untuk mengetahui kadar kualitas udara hingga lapisan ozon.

"Data satelit bisa digunakan untuk mengetahui kadar /kualitas udara di seluruh Indonesia, juga bisa mengetahui kadar ozon/lapisan ozon," ujarnya

Halaman
1234
Editor: Ravianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved