Selain di Ngamprah, Longsor di KBB Juga Terjadi di Padalarang dan Lembang

Selain di Ngamprah, longsor di KBB juga melanda Padalarang dan Lembang.

Istimewa
Longsor di Perumahan Bukit Berlian RT 3/25, Desa Kertamulya, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, PADALARANG - Tembok penahan tanah (TPT) di Perumahan Bukit Berlian RT 3/25, Desa Kertamulya, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) longsor setelah daerah tersebut diguyur hujan deras, Selasa (31/3/2020) malam.

Akibat bencana yang terjadi pada pukul 20.30 WIB itu, material longsor TPT setinggi 15 meter dan lebar 10 meter itu menutup akses jalan lingkungan dan sempat menganggu aktivitas warga setempat.

"Penyebabnya akibat hujan deras dengan durasi yang cukup lama dan TPT tak kuat menahan tanah," ujar Kepala Seksi Kedaruratan BPBD KBB, Saiful Uyun saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (1/4/2020).

Selain menutup akses jalan lingkungan, longsor itu juga menyebabkan sebanyak 5 rumah warga di perumahan tersebut terancam tergerus longsor karena lokasinya berada di dekat tebing.

"Untuk tindakannya kami berkoordinasi dengan aparat kewilayahan, membersihkan puing longsoran secara kerja bakti bersama unsur dan masyarakat," katanya.

Selain di Padalarang, longsor juga terjadi di Jalan Sukaraja, Desa Langensari, Kecamatan Lembang, tebing setinggi 15 meter ambrol menimpa akses jalan alternatif menuju Subang dan harus ditutup selama setengah hari.

"Kejadiannya Selasa malam, sekitar pukul 21.30 WIB. Agar akses jalan segera dilalui, sejak semalam warga bergotong royong menyisihkan material tanah dari jalan," kata Kepala Desa Langensari, Agus Karim.

Langkah antisipasi kejadian susulan, pihaknya akan mengadakan padat karya oleh warga, sebab di lokasi masih rawan longsor yang lebih besar jika hujan kembali turun.

"Penanganan jangka panjang, di tahun 2021 kita prioritaskan pembangunan dan pemeliharaan jalan, khususnya di wilayah rawan longsor. Sebab, akses jalan ini sering dilalui kendaraan bermotor dari arah Lembang menuju Subang dan sebaliknya," ujarnya.

Sebelumnya, pada hari yang sama longsor juga menerjang 6 titik di KBB, di antaranya di KPAD Sejahtera, Blok V4, RT 08/RW 01, Desa Mekarsari, Kecamatan Ngamprah, KBB hingga menyebabkan 1 unit rumah tertimbun.

Longsor juga terjadi di Kampung Ciharashas, RT 01, RW 12, Desa Margajaya, Kecamatan Ngamprah, KBB, yang material longsorannya menimpa 1 rumah warga.

Kemudian Di Kampung Ngamprah Girang, RT 04, RW 03, Desa Ngamprah, Kecamatan Ngamprah, KBB, 1 rumah rusak sedang akibat longsor yang terjadi.

Longsor lainnya terjadi di Jalan Ciloa, RT 04,  RW 02, Desa Mekarsari, Jalan Nasional, Kampung Cicau, serta di Kampung Pasir Huni, RT 01, RW 01, Desa Cimanggu, Kecamatan Ngamprah, KBB. 

Lindungi Keluarga dari Virus Corona, Ini Bagian yang Harus Dibersihkan di Rumah Anda

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved