Virus Corona di Jabar

Kronologis Munculnya Kasus Positif Corona Pertama di Kabupaten Garut

Kronologis ditemukannya pasien positif corona pertama di Kabupaten Garut.

firman wijaksana/tribunjabar
Bupati Garut, Rudy Gunawan dan Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman saat mengadakan konferensi pers terkait satu warga Garut yang positif corona di Command Center Garut, Selasa (31/3/2020). 

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Kemarin, Pemkab Garut mengonfirmasi kasus pertama Covid-19 setelah hasil tes swab keluar dari laboratorium.

Seorang pasien dalam pengawasan (PDP) di ruang isolasi RSUD dr Slamet dinyatakan positif.

Bupati Garut, Rudy Gunawan, mengatakan, pasien berjenis kelamin laki-laki berusia 56 tahun itu datang ke Garut dari Jakarta menggunakan kendaraan umum.

Saat pulang ia dalam kondisi sakit.

Pasien itu kini dalam kondisi baik. Bahkan pasien tersebut tak menggunakan selang oksigen. Ia terkonfirmasi positif setelah hasil tes keluar pada Senin (30/3) pukul 22.00.

"Dia datang tanggal 20 (Maret) ke Garut. Sementara kami lakukan pengetatan di pintu masuk itu baru tanggal 21. Datang itu sudah kondisi demam," ucap Rudy di Command Center Garut, Selasa (31/3/2020).

Pria tersebut juga sempat berobat ke klinik di Garut Timur. Saat berobat, paramedis di klinik tersebut juga tak memakai alat pelindung diri (APD).

"Jadi sekarang kami alami sesuatu kesulitan untuk memetakannya. Karena terlalu banyak (interaksi dengan orang)," katanya.

Pasien positif itu, lanjutnya, tinggal di dekat pasar yang hanya berjarak 30 meter. Apalagi pasar itu bisa dikunjungi 5 ribu orang per harinya.

Pasien yang diberi kode kasus confirmasi pertama (KC-1) bekerja sebagai pedagang di sebuah pasar di Jatinegara, Jakarta Timur. Pada tanggal 21 Maret, KC-1 memeriksakan diri dan dirawat di klinik dekat rumahnya sampai 22 Maret.

Halaman
12
Penulis: Firman Wijaksana
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved