Cegah Penularan Virus Corona, Pengungsi Korban Banjir Diberi Masker dan Dicek Suhu Tubuh

Para pengungsi korban banjir di Dayeuhkolot diberi masker dan diperiksa suhu tubuhnya setiap hari, untuk pencegahan penyebaran virus corona.

Tribun Jabar/Lutfi AM
Petugas dari Puskesmas Dayeuhkolot sedang membagikan masker kepada para pengungsi korban banjir di Dayeuhkolot, Rabu (1/3/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Lutfi AM
  
TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Para pengungsi korban banjir di Dayeuhkolot diberi masker dan diperiksa suhu tubuhnya setiap hari, untuk pencegahan penyebaran virus corona.

Kepala Puskesmas Dayeuhkolot, Reymon Pangihutan, mengatakan, ini banjir yang paling besar di Dayeuhkolot, jadi Puskesmas Dayehkolot punya rencana kegiatan dalam menghadapi wabah virus korona dan juga terkait dengan bencana banjir.

"Pertama kami buka pos kesehatan di kantor kecamatan, setelah kordinasi juga dengan kecamatan bahwa memang ada pengusngsi di aula kecamatan dan lainnya, yang berjumlah 17 titik lokasi pengungsian," ujar Raymon, di Kantor Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bamdung, Rabu (1/3/2020).

Ridwan Kamil Tinjau Korban Banjir di Baleendah Bandung, Minta Kamar Lansia Dipisahkan

Dua Hari Hujan Deras, Gedebage Kota Bandung Dilanda Banjir Paling Parah, Penanganan Belum Maksimal

Raymon mengatakan, untuk mencegah penularan virus korona di pengungsian pihaknya memberikan masker, penyuluhan, handsanitizer, bagi para pengungsi, selain menyuruhnya untuk mencucitangan menggunakan sabun.

"Selain berprilaku sehat juga perlu makanan yang bergizi bagi para pengungsi, dan jaga jarak (satu dengan yang lainnya) kurang lebih jaraknya 1 meter. Selain itu kami juga melakukan pengecekan suhu tubuh setiap harinya di semua titik pengungsian," kata Raymon.

Saat tribun mengunjungi Kantor Kecamatan, kebetulan Raymon sedang membagikan masker baginpengungsi di aula kecamatan.

Sekaligus Ia menjelaskan kepada pengungsi bagaimana cara yang baik memakai dan melepas masker. Selain itu juga ia menganjurkan cuci tangan dengan sabun dan meragaan cara mencuci tangan dengan handsanitizer.

Raymon mengaku, pihaknya mendapatkan banyuan alat-alat kesehatan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung, berupa termalgun, masker, hand sanitizer, dan obat-obatan. 

"Kami juga memberikan pelayanan kesehatan geratis kepada seluruh masyarakat terkait dengan bencana banjir ini," ucapnya.

Penulis: Lutfi Ahmad Mauludin
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved