Akibat Wabah Covid-19, Tingkat Pendonor Darah di Kota Sukabumi Alami Penurunan hingga 60 Persen

Tingkat pendonor darah di wilayah Kota Sukabumi mengalami penurunan sekitar 60 persen, diduga akibat terkena imbas wabah Covid-19

tribunjabar.id/kontributor Kota Sukabumi, Fauzi Noviandi
Kantor PMI Kota Sukabumi, Rabu (1/4/2020). 

Laporan kontributor Kota Sukabumi, Fauzi Noviandi.

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI - Tingkat pendonor darah di wilayah Kota Sukabumi mengalami penurunan sekitar 60 persen, diduga akibat terkena imbas wabah Covid-19.

Wakil Kepala Unit Donor Darah (UDD) Kota Sukabumi Ferry Febriana, menjelaskan tingkat pedonor di Kota Sukabumi tersebut mengalami penurunan semenjak adanya wabah Covid-19.

"Menurunya jumlah pendonor tersebut terdampak terhadap jumlah stok darah yang ada di PMI Kota Sukabumi," kata dia saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu, (01/4/2020).

BREAKING NEWS, Pasien Positif Covid-19 Pertama di Kota Sukabumi, Dirawat di RSUD R Syamsudin

Ia menjelaskan, saat ini kebutuhan darah perhari mencapai 40 sampai 60 labu darah. Namun karena adanya wabah Covid-19 jumlah pendonor hanya mencapai 15 hingga 20 orang per hari.

"Untuk stok darah yang tersedia saat ini hanya ada sebanyak 25 labu, dan itu pun cukup untuk satu, hingga dua hari saja. Tetapi apabila ada kebutuh yang mendesak kita bisa meminjam ke daerah lain," jelasnya.

Wali Kota Sukabumi Sebut 60 Warganya yang Ikut Rapid Test Hasilnya Negatif Covid-19

Dia mengungkapkan, dalam mengantisipasi kebutuhan darah diwilayah Kota Sukabumi, sebanyak 28 jadwal kegiatan donor darah telah direncakan.

"April ini sebanyak 28 agenda donor darah disejumlah wilayah Kota Sukabumi akan dilaksanakan. Dan nantinya, darah tersebut bisa diambil kembali sesuai yang dibutuhkan atau disebut juga donor keluarga," ungkapnya.

Pihaknya menambahkan, masyarakat tidak perlu khawatir dengan wabah Covid-19 ketika akan melakukan donor darah, karena prosedur kesehatan dalam menjaga wabah Covid-19 tetap dilakukan sesuai dengan prosedur.

Penulis: Fauzi Noviandi
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved