Pesawat Lionair Meledak saat Akan Lepas Landas di Manila, Filipina, Seluruh Penumpang Tewas

Pesawat tersebut merupakan pesawat evakuasi medis dengan delapan penumpang dan awak termasuk satu warga AS dan satu warga Kanada.

FRANCIS R. MALASIG/EPA-EFE
Petugas memeriksa bangkai pesawat Lionair yang jatuh dan terbakar di Bandara Internasional Ninoy Aquino, Manila, FIlipina, 29 Maret 2020. Kecelakaan pesawat yang mengangkut tenaga medis virus corona ini menewaskan 8 orang.(FRANCIS R. MALASIG/EPA-EFE) 

TRIBUNJABAR.ID, MANILA - Kecelakaan pesawat terjadi di tengah pandemi virus corona di Filipina, tepatnya di Bandara Ninoy Aquino, Manila, Minggu (29/3/2020).

Pesawat dengan tujuan bandara Haneda, Jepang itu terbakar di ujung landasan sebelum meledak dan menewaskan seluruh penumpangnya.

Pesawat tersebut merupakan pesawat evakuasi medis dengan delapan penumpang dan awak termasuk satu warga AS dan satu warga Kanada.

Menurut keterangan pejabat setempat, pesawat Lionair yang dimiliki oleh layanan charter terdaftar Filipina Lionair, dengan tujuan Haneda, Jepang, terbakar di ujung landasan sekitar pukul 20.00 waktu setempat di bandara utama Manila, Bandara Internasional Ninoy Aquino (NAIA).

Namun Maskapai penerbangan Indonesia Lion Air mengeluarkan pernyataan yang menegaskan bahwa itu tidak terkait dengan Lionair yang berbasis di Manila.

Rekaman video menunjukkan gumpalan asap membubung ke langit malam ketika kru api menyiram badan pesawat dengan busa.

 

Pesawat twin-jet West Wind 24 membawa tiga personel medis, tiga awak pesawat, seorang pasien.

Seorang rekan sejawat,Richard Gordon senator dan kepala Palang Merah Filipina, mengatakan di Twitter bahwa tidak ada satu pun yang selamat.

"Sayangnya, tidak ada penumpang yang selamat dari kecelakaan itu," kata Otoritas Bandara Internasional Manila (MIAA) dalam sebuah pernyataan.

Investigasi oleh Otoritas Penerbangan Sipil Filipina sedang berlangsung, kata MIAA.

"Tim pemadam kebakaran dan medis kami sudah dikirim ke Terminal 2 NAIA untuk menanggapi insiden kecelakaan pesawat yang melibatkan Lion Air Flight RPC 5880," kata Gordon.

Halaman
123
Editor: Ravianto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved