Virus Corona di Jabar

Kasus Virus Corona di Bandung Terus Bertambah, 8 Meninggal Dunia, Kandinkes Sebut Penyebab Utamanya

Dinas Kesehatan Kota Bandung menyebut tingkat penularan virus corona atau Covid-19 di Kota Bandung terus meningkat dari waktu ke waktu.

Istimewa
Satpol PP Cabut kursi di Alun-alun Kota Bandung untuk mencegah warga nongkrong di tengah pandemi virus corona, Sabtu (28/3/2020). 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Dinas Kesehatan Kota Bandung menyebut tingkat penularan virus corona atau Covid-19 di Kota Bandung terus meningkat dari waktu ke waktu.

Dimana hingga Minggu (29/3/2020), jumlah kasus pasien positif mencapai 20 orang dengan delapan di antaranya meninggal dunia.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, dr Rita Verita mengatakan, selain meningkatnya jumlah pasien positif, tetapi juga diikuti oleh peningkatan jumlah Orang Dengan Pemantauan (ODP) yaitu, 258 orang dan Pasien Dengan Pengawasan (PDP) yang mencapai 50 kasus.

Ciamis Mulai Besok Pagi Dijaga Ketat, Jika Datang Tidak Punya Tujuan Jelas Bakal Dipulangkan

Menurutnya, peningkatan penularan Covid-19 di Kota Bandung, salah satunya dikarenakan masih banyak masyarakat yang tidak patuh akan imbauan dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam menerapkan social distancing dan psychal distancing.

"Pemerintah Kota Bandung telah mengeluarkan surat edaran berisi imbauan untuk tetap berdiam diri dirumah masing-masing. Namun, tetap saja masih banyak warga yang tidak patuh, dengan tetap beraktivitas kegiatan di luar rumah, kondisi ini menjadi salah satu faktor meningkatnya penularan," ujarnya saat dihubungi melalui telepon. Senin (30/3/2020).

Rita meyakini apabila, seluruh warga dapat patuh terhadap imbauan tersebut, jumlah kasus penularan Covid-19 di Kota Bandung dapat terus ditekan, termasuk mematuhi larangan melakukan mudik ke kampung halaman

"Kalau masyarakat mau patuh terhadap seluruh aturan dari pemerintah, Insya Allah masalah penularan ini dapat terus ditekan, karena kuncinya hanya itu," ucapnya.

Pemain Persib Bandung Mengaku Mulai Jenuh Nganggur karena Liga 1 2020 Terhenti

Berdasarkan data pasien COVID-19 yang dihimpun dari laman covid19.bandung.go.id, tercatat sebanyak 20 orang dinyatakan positif virus corona hingga pukul 17.26 WIB, Minggu (29/3/2020).

Dari 20 kasus positif yang terjadi di Kota Bandung, sembilan orang masih dalam perawatan, tiga orang sembuh, delapan orang dinyatakan meninggal dunia.

Sedangkan untuk kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP) COVID-19 di Kota Bandung total tercatat 422 orang.

Sebanyak 253 orang dinyatakan masih dalam pantauan, 169 orang selesai dalam pantauan.

Rumah Zakat Siapkan 135.000 Paket Makanan Siap Santap, Tekniknya Bikin Banyak Orang Terbantu

Kategori Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Kota Bandung totalnya ada 70 orang, 48 dinyatakan masih dalam perawatan di rumah sakit rujukan pemerintah pusat dan 22 orang dinyatakan pulang dan sehat.

Sementara pasien positif Covid-19 tercatat berada di beberapa kecamatan di Kota Bandung meliputi Kecamatan Sukasari, Cicendo, Andir, Coblong, Kiaracondong, Lengkong, Regol, Babakan Ciparay, Antapani, Buah Batu, Bandung Kidul. (Cipta Permana).

Penulis: Cipta Permana
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved