Dua Warga Lembang Diciduk Polisi, Punya Pembibitan dan Tanam Pohon Ganja

Dua warga Lembang diciduk polisi. Punya pembibitan dan tanam pohon ganja.

istimewa
Anggota Satresnarkoba Polres Cimahi saat mengamankan 12 pohon ganja di Kampung Cibogo, Desa Cibogo, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Minggu (29/3/2020). 
Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman. 
 
TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Polisi berhasil mengungkap lokasi pembibitan dan penanaman pohon ganja di Kabupaten Bandung Barat, Minggu 29 Maret 2020. 
 
Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Saptono Erlangga Waskitoroso mengatakan, berdasarkan informasi dari warga dan penyelidikan hampir satu minggu, akhirnya polisi dapat mengamankan dua orang pelaku di dua lokasi berbeda.
 
Kedua pelaku itu adalah AG dan IN. AG ditangkap polisi di rumahnya di Kampung Cibogo, Desa Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Sabtu 28 Maret 2020. 
 
"Dari hasil interogasi tersangka (AG) didapat informasi tentang tanaman jenis ganja yang ditanam di lokasi lahan milik IN," ujar Erlangga, dalam keterangan tertulisnya, Senin (30/3/2020). 
 
Berbekal keterangan dari AG, pada Minggu 29 Maret 2020, polisi kemudian melakukan penggerebekan ke rumah IN, di Jalan Nyampay Kampung Cibogo, Desa Cibogo, Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat.
 
"Saat penggeledahan di lokasi (rumah IN) ditemukan sebuah tempat yang digunakan sebagai tempat penyemaian, pembibitan, dan bercocok tanam pohon ganja. Pengakuan para tersangka bahwa bibit diperoleh dari UD di Jakarta yang kini masuk dalam daftar pencarian orang (DPO)," katanya. 
 
Dari tangan kedua pelaku ini, kata Erlangga, Polisi mengamankan barang bukti berupa ganja kering sekitar 50 gram siap pakai, satu bungkus bibit biji ganja 50 gram, 11 pohon tanaman ganja berukuran dua meter, peralatan pertanian dan menyegel bidang lahan 50 meter di Jalan Nyampay, Kampung Cibogo  Desa Cibogo, Lembang, Bandung Barat, yang diduga dijadikan lahan untuk menanam ganja.
 
Selanjutnya, kata Erlangga, kedua tersangka berikut barang bukti dibawa ke Sat Res Narkoba Polres Cimahi untuk penyidikan lebih lanjut.
Akibat perbuatannya, kedua pelaku itu diancam hukuman penjara maksimal 20 tahun. 
 
"Pasal yang dilanggar Pasal 114 Ayat (1) dan atau Pasal 111 Ayat (2) Undang-Undang  RI No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika ancaman seumur hidup atau minimal 5 (lima) tahun penjara sampai 20 tahun penjara," ucapnya.
Penulis: Nazmi Abdurrahman
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved