Virus Corona di Jabar

Jenazah Pasien Virus Corona di Tasikmalaya Tertunda Lebih 4 Jam Sebelum Dimakamkan

Jasad pasien positif terinfeksi virus corona di Kota Tasikmalaya yang meninggal Minggu (29/3) dini hari,

Tribunnews/Irwan Rismawan
ilustrasi petugas mengangkat jenazah pasien virus corona atau Covid-19 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Suryaman

TRIBUNJABAR. ID, TASIKMALAYA - Jasad pasien positif terinfeksi virus corona di Kota Tasikmalaya yang meninggal Minggu (29/3) dini hari, ternyata sempat tertunda pemakamannya lebih dari empat jam.

Hal itu terjadi gara-gara pengelola krematorium menolak kremasi jenazah tersebut. Pasien yang meninggal pukul 01.00 akhirnya dimakamkan Minggu siang.

"Pasien yang meninggal itu akhirnya kami kuburkan di pemakaman Bong, Kawalu, tidak jadi dikremasi sesuai keyakinan yang dianut pasien," kata juru bicara Tim Krisis Center Covid-19 Kota Tasikmalaya, Uus Supangat, di Bale Kota, Minggu (29/3/2020) siang.

Uus mengaku prihatin atas kejadian tersebut. Demi kemanusiaan, jenazah akhirnya dikuburkan daripada terkatung-katung tak kunjung pelaksanaan kremasi.

Ridwan Kamil : Kami Sedang Siapkan Lockdown di Zona Merah tapi Harus Izin Pemerintah Pusat

"Terlebih sebenarnya paling lama empat jam jenazah harus sudah dimakamkan. Karena lebih dari itu sudah mulai masuk fase rusaknya sel-sel tubuh," kata Uus yang sehari-harinya Kepala Dinas Kesehatan Kota.

Menurut Uus, ketika sel jasad mulai rusak maka virus menyadari inangnya sudah mati. Maka ia akan mencari inang baru. "Justru itulah kenapa pasien idealnya sudah dimakamkan sebelum empat jam setelah dinyatakan meninggal," katanya.

Namun begitu, tambah Uus, penyebaran tidak akan terjadi, karena jasad terbungkus plastik tahan bocor serta petugas pemakaman menggunakan APD lengkap.

Ciamis Akhirnya Lockdown Mulai Selasa, Setelah 4.200 Pemudik dari Zona Merah Pulang Kampung

Penulis: Firman Suryaman
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved