Dua Pria Tanam Ganja di Cibogo Lembang, Sudah Siap Panen Keburu Tertangkap Polisi

Satuan Reserse Narkoba Polres Cimahi mengamankan 12 pohon ganja yang ditanam di sebuah lahan Kampung Cibogo

istimewa
Anggota Satresnarkoba Polres Cimahi saat mengamankan 12 pohon ganja di Kampung Cibogo, Desa Cibogo, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Minggu (29/3/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, LEMBANG - Satuan Reserse Narkoba Polres Cimahi mengamankan 12 pohon ganja yang ditanam di sebuah lahan Kampung Cibogo, Desa Cibogo, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Minggu (29/3/2020).

Pohon ganja tersebut ditanam oleh dua pria berinisial A (50) dan J (52) yang merupakan warga setempat di lahan pribadi. Kini dua orang tersebut juga sudah diamankan berserta barang buktinya di Mapolres Cimahi.

Kasatres Narkoba Polres Cimahi, AKP Andri Alam Wijaya, mengatakan, pengungkapan kasus tanam ganja ini berawal saat pihaknya melakukan penyelidikan selama dua pekan terkait adanya peredaran narkotika golongan 1 jenis ganja basah.

"Berdasarkan bukti awal tersebut, kami melakukan penangkapan terhadap dua orang tadi malam, kemudian kami melakukan pengembangan hingga akhirnya kami ada di lokasi ini dan menemukan lahan yang digunakan menanam ganja," ujar Andri Alam.

Ciamis Akhirnya Lockdown Mulai Selasa, Setelah 4.200 Pemudik dari Zona Merah Pulang Kampung

Setelah berhasil mengamankan dua pelaku, kata Andri, pihaknya mengamankan 12 pohon ganja dengan ketinggian 150 sentimeter hingga 200 sentimeter yang ditanam sejak Desember 2019 atau sekitar 3 bulan lalu.

"Untuk barang buktinya ada 12 pohon, pengakuan tersangka ditanam sejak bulan Desember. Kami masih melakukan pendalaman karena kalau melihat bobot tanamannya, ini pasti sudah lama," katanya.

Menurutnya, peredaran ganja basah merupakan hasil dari ladang ganja lokal, sedangkan ganja kering dipastikan berasal dari luar daerah. Atas dasar itulah pihaknya melakukan pengembangan hingga menemukan ladang ganja ini.

Di Tengah Ancaman Virus Corona, 85 Karyawan CV Medal Jaya di Cianjur Tak Digaji

Berdasarkan pengakuan tersangka, kata Andri, ganja yang ditanam dan sudah siap panen mereka memetiknya setiap dua hari sekali, kemudian ganja tersebut diolah untuk dikonsumsi sendiri

"Kami masih melakukan pengembangan, apakah hanya dikonsumsi sendiri atau untuk diedarkan juga," ucapnya.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved