Dedi Mulyadi Minta Pemerintah Bebaskan Pajak Kendaraan Umum di Wabah Virus Corona

Anggota DPR RI Dedi Mulyadi berharap ada penghapusan pajak kendaraan bermotor untuk angkutan umum.

ISTIMEWA
Dedi Mulyadi 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Anggota DPR RI Dedi Mulyadi berharap ada penghapusan pajak kendaraan bermotor untuk angkutan umum.

Menurut Dedi Mulyadi, harapan sekaligus usulan kepada Presiden Joko Widodo soal penghapusan pajak kendaraan itu terutama untuk masyarakat menengah ke bawah.

Kebijakan itu, ucapnya, demi meringankan beban  masyarakat menengah ke bawah dari dampak wabah virus corona.

"Saya minta Presiden mengeluarkan kebijakan pembebasan pajak kendaraan bermotor untuk angkutan umum dan angkutan lainnya, termasuk ojek pangkalan dan ojek online," kata Dedi melalui sambungan telepon, Kamis (26/3/2020).

Dedi mengatakan, usulan tersebut dikemukakan sebagai salah satu langkah untuk meringankan beban masyarakat kelas bawah yang terimbas penyebaran wabah corona.

Selain itu, hal tersebut juga bisa menjadi stimulus agar masyarakat lebih betah di dalam rumah.

Top Skor dan Bawa Persib Bandung ke Puncak Klasemen, Wander Luiz: Semua Kembali ke Awal

Tenggorokan Gatal Saat Baca Berita Virus Corona? Jangan-jangan Anda Alami Gangguan Psikosomatis

"Karena pendapatan ojek online, ojek pangkalan angkutan kota, angkutan pedesaan, bus, grab dan angkutan umum lainnya pasti mengalami penurunan," tuturnya.

Tidak hanya soal uang, Dedi mengatakan penghapusan pajak kendaraan juga menghindari potensi berkumpulnya pemilik kendaraan bermotor di Kantor Bersama Samsat.

"Kemudian tahun ini juga banyak yang STNK-nya habis, mereka pasti nunggak dan jadi beban mereka tahun depan. Daripada nunggak, mending bebasin saja," tuturnya.

Hilangnya potensi pajak kendaraa bermotor tahun ini, menurut Dedi, menjadi risiko yang harus ditanggung negara sebagai salah satu strategi meminimalisasi penyebaran virus Covid-19 agar pandemi segera berlalu.

"Ini khusus angkutan umum ojek online, ojek pangkalan, grab dan kendaraan lainnya yang dipakai untuk kegiatan usaha keliling atau yang dipakai pedagang kecil dan UMKM," katanya. (Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Wabah Corona, Anggota DPR Minta Pemerintah Bebaskan Pajak Kendaraan Umum"

Sumber: Kompas
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved