Dampak Wabah Corona, Pelayanan Uji KIR di KBB Ditutup Sementara

penutupan pelayanan uji KIR tersebut diberlakukan hingga 31 Maret 2020 dan setelah itu pelayanan uji KIR bisa dibuka kembali seperti biasa.

Dampak Wabah Corona, Pelayanan Uji KIR di KBB Ditutup Sementara
Istimewa
Ilustrasi uji KIR 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, PADALARANG - Kantor pelayanan pengujian kendaraan bermotor (uji KIR) milik Dinas Perhubungan, Kabupaten Bandung Barat (KBB), untuk sementara ini menutup operasional atau tidak melakukan aktivitas pengujian, mulai Kamis (26/3/2020).

Aktivitas uji KIR di kantor UPT pengujian yang berada di Kampung Cikamuning, Desa Ciburuy, Kecamatan Padalarang itu ditiadakan untuk antisipasi penyebaran Virus Corona (Covid-19) karena setiap harinya banyak keluar masuk orang yang mengurus uji KIR tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan KBB, Ade Komarudin, mengatakan, penutupan pelayanan uji KIR tersebut diberlakukan hingga 31 Maret 2020 dan setelah itu pelayanan uji KIR bisa dibuka kembali seperti biasa.

Makin Mudah Beli Mobil Baru, Suku Cadang, dan Aksesori Toyota Lewat Auto2000 Digiroom

"Penutupan pelayanan uji KIR ini sebagai bentuk antisipasi penyebaran Virus Corona yang sudah muncul di berbagai daerah," ujarnya.

Terkait penutupan ini, kata Ade, pihaknya sudah menerbitkan surat edaran bernomor 800/416/Dishub, tentang Penutupan Sementara Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor.

Penutupan ini juga mengacu kepada surat edaran Menpan RB tentang Penyesuaian Sistem Kerja ASN di Lingkungan Instansi Pemerintah, Maklumat Kapolri, serta surat edaran Bupati KBB tentang Penyesuaian Sistem Kerja ASN.

VIDEO UPDATE Corona di Purwakarta, 1 Orang Positif Covid-19, PDP 8, dan ODP 48

"Kami minta maaf atas ketidaknyamanan ini dan berharap masyarakat bisa memakluminya. Secepatnya jika kondisi sudah normal maka pelayanan akan segera kami buka lagi," katanya.

Kepala UPT Pengujian Kendaraan Bermotor Dishub KBB, Herry Arifin menambahkan, setiap harinya masyarakat yang datang untuk melakukan uji KIR kendaraan mencapai sekitar 80 orang.

Apresiasi Kerja Bareng DPRD-Pemprov Jabar, Ketua DPRD Ajak Pemprov Terus Gerak Cepat Hadapi Covid-19

Penutupan pelayanan di KBB terbilang paling akhir mengingat kabupaten/kota lain sudah ada yang melakukannya dari beberapa hari yang lalu seperti Depok, Bogor, Cianjur, Kabupaten Bandung, dan Kota Cimahi.

"Kami melakukan pengujian fisik (kendaraan) bukan administrasi, makanya tidak bisa dilakukan online," katanya.

Sebelum dilakukan penutupan ini, pihaknya sudah melakukan beberapa pengamanan seperti penyemprotan disinfektan, menyediakan hand sanitizer, hingga petugas penguji diberikan Alat Pelindung Diri (APD).

Catat! Ini Cara, Syarat, dan Prosedur Pendaftaran Rapid Test Virus Corona di Jawa Barat

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved