Butiran Es Sebesar Kelereng Berjatuhan, Hujan Es Landa Sekeloa Kota Bandung

Hujan es terjadi di Sekeloa, Kota Bandung sore tadi. Butiran es sebesar kelereng.

Butiran Es Sebesar Kelereng Berjatuhan, Hujan Es Landa Sekeloa Kota Bandung
Tribun Jabar/Nazmi Abdurrahman
Butiran es sisa hujan es di Sekeloa, Kota Bandung. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman.

 
TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Warga Sekeloa, Kelurahan Balong Gede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, dihebohkan dengan hujan deras disertai butiran es, Rabu (25/3/2020).
 
Hujan deras disertai butiran es itu terjadi sekitar pukul 15.00 WIB.
Butiran es dengan rata-rata sebesar kelereng kecil itu berjatuhan sekitar dua menit.

Agus Setiawan (37) pemilik warung di Jalan Sekeloa mengatakan, sebelumnya cuaca terasa sangat panas dan tidak ada tanda-tanda akan turun hujan.
 
"Dari tadi siang teh terasa panas, mataharinya juga terik, terus tiba-tiba hujan dan ada butiran esnya, kaget saya," ujar Agus, saat ditemui di warung miliknya, Rabu (25/3/2020).

Agus mengaku, awalnya Ia tidak menyangka hujan tersebut disertai butiran es. Ia baru sadar setelah banyak tetangganya yang ke luar rumah dan terdengar suara ketukan cukup keras dari atap warungnya.
 
"Ada esnya ternyata, tapi tidak lama, hujannya yang lama," katanya. 

Sementara itu, dilansir dari laman Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) fenomena hujan es merupakan fenomena cuaca alamiah yang biasa terjadi. 

Biasanya kejadian ini terjadi pada masa transisi atau pancaroba musim baik dari musim kemarau ke musim hujan, atau pun sebaliknya.

Waktu terjadinya pun relatif singkat, selain itu berdasarkan sumber yang sama, menjelang hujan es, satu hari sebelumnya udara pada malam hari hingga pagi hari terasa panas atau gerah.

Radius terjadinya hujan es juga cukup kecil dengan radius 5 hingga 10 kilometer. Kemungkinannya kecil untuk terjadi kembali di tempat yang sama.
Penulis: Nazmi Abdurrahman
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved