Bupati Majalengka Lepas Tim Gerak Cepat Penanganan Covid-19

TGC yang beranggotakan 30 orang itu resmi dilepas oleh Bupati Majalengka, Karna Sobahi di pendopo, Selasa (24/3/2020).

Bupati Majalengka Lepas Tim Gerak Cepat Penanganan Covid-19
Tribun Jabar/Eki Yulianto
Bupati Majalengka, Karna Sobahi saat memberi sambutan dalam acara pelepasan Tim Gerak Cepat (TGC) dalam menangani Covid-19 di Pendopo, Selasa (24/3/2020). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNJABAR.ID, MAJALENGKA - Sebagai upaya cepat dalam pencegahan dan penanganan penyebaran virus Corona atau Covid-19 di Kabupaten Majalengka, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majalengka dalam hal ini Dinas Kesehatan membentuk Tim Gerak Cepat (TGC) Covid-19.

TGC yang beranggotakan 30 orang itu resmi dilepas oleh Bupati Majalengka, Karna Sobahi di pendopo, Selasa (24/3/2020).

Adapun, tim tersebut akan menyebar di 32 puskesmas yang ada di Kabupaten Majalengka dalam menangani Covid-19 yang ada di desa-desa.

Pelayanan di Mapolrestabes Bandung Berjalan Seperti Biasa, Tahanan Tak Boleh Dijenguk

Karna mengatakan, keberadaan TGC penanganan Covid-19 yang dibentuk oleh Dinas Kesehatan ini merupakan bukti kesiapan Pemkab Majalengka dalam hal menghadapi situasi saat ini.

Dimana, ruang gerak daya jelajah virus Covid-29 ini sudah tidak mengenal siapa-siapa dan sudah kemana-mana merebaknya.

"Oleh karena itu, kami sangat mengapresiasi langkah yang sudah ditempuh oleh Dinas Kesehatan khususnya dengan menggunakan akselerasi program Puskesmas nganjang ka imah sebagai upaya dalam memberikan pencegahan penularan virus Covid-19 serta memberikan perlindungan kepada masyarakat di Kabupaten Majalengka," ujar Karna, Selasa (24/3/2020).

Lanjut Karna, sejak ditetapkannya masa darurat nasional Covid-19 terhitung dari mulai 15 Maret sedangkan 24 Maret saat ini, perjalanan masa darurat di Indonesia sudah masuk hari ke sembilan.

Babak Baru Pembunuhan Wanita Bertato, Polisi Periksa Sopir Taksi Online, dari CCTV Kos Korban

Adapun, langkah yang telah ditempuh khususnya di Kabupaten Majalengka adalah membentuk Tim Crisis Center.

"Crisis Center menentukan langkah-langkah apa saja yang harus ditempuh dan kemudian berkembanglah kepada dibentuknya Tim Gugus Nasional pada level Provinsi Jawa Barat di bawah komando Gubernur Jawa Barat," ucapnya.

"Tim ini dengan sebutan Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 (Pikom). Tim Pikom inilah yang setiap harinya melakukan kajian-kajian terhadap perkembangan dinamika yang menyangkut wabah Covid-19," kata Karna.

Selain melepas 30 TGC, Bupati juga menyerahkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) berupa, alat penyemprotan disinfektan, masker, cairan disinfektan, jas hujan kepada para Kepala Puskesmas yang hadir.

"Dengan diiringi doa, saya lepas secara resmi keberangkatan dan juga tugas kerja Tim Gerak Cepat (TGC) penanganan Covid-19," tutup Bupati.

Penulis: Eki Yulianto
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved