Kanada Pastikan Tak Mau Kirim Atlet ke Olimpiade 2020 Tokyo

Apalagi pihak penyelenggara Olimpiade terus didesar untuk menunda atau membatalkan ajang bergengsi empat tahunan tersebut.

Kanada Pastikan Tak Mau Kirim Atlet ke Olimpiade 2020 Tokyo
Bolasport.com/Olimpiade Tokyo 2020
Olimpiade Tokyo 2020. 

TRIBUNJABAR.ID - Kanada resmi memutuskan untuk tidak mengirimkan atletnya untuk berlaga dalam ajang Olimpiade Tokyo, Senin (23/3/2020).

Salah satu alasan utama dibalik keputusan tersebut karena pandemi Covid-19.

Apalagi pihak penyelenggara Olimpiade terus didesar untuk menunda atau membatalkan ajang bergengsi empat tahunan tersebut.

Olimpiade 2020 rencananya akan dimulai 24 Juli dimana Jepang berkesempatan menjadi tuan rumahnya.

Kepastian Kanada menolak mengirimkan atletnya untuk berlaga dalam ajang Olimpiade Tokyo 2020 tersebut disampaikan lewat akun resmi twitternya, @teamcanada.

"Komite Olimpiade Kanada (COC) dan Komite Paralimpic Kanada (CPC) yang didukung oleh komisi atlet, organisasi nasional dan pemerintah Kanada telah membuat keputusan sulit untuk tidak mengirimkan atlet ke Olimpiade dan Paralimpik di musim panas 2020," bunyi pernyataan.

"COC dan CPC mendesak Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan Komite Paralimpik Internasional (IPC) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk menunda Olimpiade selama setahun dan kami menawarkan mereka dukungan penuh kami dalam membantu menavigasi semua hal termasuk jadwal ulang Olimpiade," sambungnya.

Alasan kesehatan dan keselamatan menjadi faktor Kanada membuat keputusan untuk tidak mengirimkan atletnya ke Olimpiade Tokyo 2020.

"Tidak ada yang lebih penting daripada kesehatan dan keselamatan atlet kami," lanjut pernyataan COC.

"Ini bukan semata-mata tentang kesahatan atlet saja sebenarnya karena ini menyangkut kesehatan masyarakat secara umum," jelasnya.

Sebelumnya, Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe juga memberikan pandangannya terkait opsi penundaan penyelenggaraan Olimpiade Tokyo 2020 ditengah pandemi Covid-19.

Seperti yang telah diketahui, Covid-19 menjadi salah satu isu yang paling menggemparkan dunia dalam beberapa bulan terakhir.

Halaman
12
Editor: Ravianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved