Di Tengah Wabah Virus Corona, Polisi Bubarkan Massa yang Berkumpul Malam Hari di Lembang

Sejumlah orang yang berkumpul di sejumlah wilayah di Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat

Di Tengah Wabah Virus Corona, Polisi Bubarkan Massa yang Berkumpul Malam Hari di Lembang
tribunjabar/hilman kamaludin
Di Tengah Wabah Virus Corona, Polisi Bubarkan Massa yang Berkumpul Malam Hari di Lembang 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, LEMBANG - Sejumlah orang yang berkumpul di sejumlah wilayah di Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) di tengah penyebaran wabah virus Corona (Covid-19) terpaksa dibubarkan polisi, Minggu (22/3/2020) malam.

Sebelum membubarkan massa yang tengah berkumpul, polisi mendatangi sejumlah tempat di Lembang untuk menyampaikan sosialisasi bahaya virus asal Kota Wuhan, Cina tersebut.

Kapolsek Lembang, Kompol Sarce Christiaty Leo Dima mengatakan, pembubaran massa tersebut karena ditengah penyebaran wabah virus corona masih ada warga yang berkumpul, terutama di tempat makan.

"Kami juga sudah memberikan imbauan kepada pedagangnya. Itu sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona yang saat ini jumlah korbannya terus meningkat," ujarnya seusai melakukan pembubaran massa di Lembang.

Dari 18.755 Peserta, Hanya 1.966 Orang Lolos Tes SKD CPNS Kabupaten Garut, Selanjutnya SKB

Menurutnya, dengan melihat situasi saat ini, warga lebih baik tidak beraktivitas di luar rumah, terutama saat malam hari meskipun tujuannya hanya untuk membeli makanan.

"Alangkah baiknya,warga hanya membeli makanan lalu menyantapnya di rumah bersama keluarga. Beli, bungkus dan makan di rumah," kata Sarce Christiaty.

Selain itu, pihaknya juga meminta warga agar tidak merokok di tempat umum, karena hal tersebut bisa mengganggu kenyamanan warga lainnya, khususnya bagi perokok pasif.

"Bagi masyarakat penikmat kuliner, jangan merokok. Kedua, jaga jarak dengan orang lain. Kami sarankan mereka agar meninggalkan lokasi demi keselamatan karena sudah tengah malam," ucapnya.

Ia mengatakan, pembubaran massa pada malam hari itu selain untuk mencegah penyebaran wabah virus corina, kegiatan itu juga untuk mencegah aksi kriminalitas.

"Ini untuk antisipasi kerawanan-kerawanan lainnya untuk antisipasi mereka di perjalanan, terlebih ini sudah masuk jam malam," ujarnya.

3 Kepala Dinas di Karawang Jadi Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Dikabarkan Ikut di Acara HIPMI

Sasaran pertama polisi dalam pembubaran masa ini yakni sekelompok pengemudi ojek online di alun-alun. Polisi mengingatkan mereka tidak nongkrong dan segera pulang ke rumah agar tidak tertular covid-19.

Kemudian polisi bergerak ke salah satu tempat makan di Jalan Raya Lembang, sehingga pembeli yang awalnya tengah asyik makan sambil ngobrol terkaget-kaget ketika didatangi rombongan aparat kepolisian.

Usai menyampaikan tentang bahaya virus korona, selanjutnya polisi meminta mereka membubarkan diri. Tak lama setelah itu, belasan orang yang tengah menyantap makanan langsung bergegas untuk meninggalkan tempat tersebut.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved