Bubarkan Sejumlah Pesta Pernikahan dan Warga yang Berkerumun, Polisi Kedepankan Persuasi

Setelah tamu keluar, mereka masih harus menjalani pemeriksaan suhuu tubuh yang dilakukan oleh petugas puskesmas setempat.

ist
Tangkapan layar video Kapolres Kubu Raya AKBP Yani Permana saat merazia warkop dan kafe di seputan jalan menuju Bandara Supadio Pontianak, Kalimantan Barat, Minggu (22/3/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Theresia Felisiani

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Sejak keluarnya maklumat Kapolri tentang kepatuhan terhadap kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran virus corona pada 19 Maret 2020 lalu, seluruh personel Polri langsung melakukan patroli bahaya virus corona serta mengibau warga tidak berkerumum.

"‎Asas hukum tertinggi adalah keselamatan publik. Tiga hari terakhir sejak berlakunya maklumat Kapolri banyak acara kegiatan kerumunan warga yang kami bubarkan," ungkap Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Muhammad Iqbal dalam keterangannya di Bareskrim Polri, Senin (23/3/2020).

Jenderal bintang dua ini menjelaskan beberapa kerumunan warga yang dibubarkan yakni resepsi pernikahan baik di daerah Jawa Tengah maupun Jakarta serta warga yang ‎nongkrong di Cafe, persimpangan jalan hingga sejumlah taman.

Dalam upaya pembubaran itu, lanjut Iqbal, Polri lebih dulu mengedepankan sisi humanisme dengan memberi imbauan. ‎

Beruntung pembubaran tersebut, direspon baik oleh masyarakat.

"Bahkan resepsi pernikahan kami bubarkan dengan kedepankan persuasif dan Humanis. Sejauh ini pembubaran kerumunan tidak ada insiden apapun. Masyarakat koperatif, paham dengan ancaman wabah ini," tambahnya.

Berikut beberapa kerumunan warga yang dibubarkan ‎oleh Polri :

1. Hajatan pernikahan di Gang IV Overste Isdiman, Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah, Minggu (22/3/2020). Selain acaranya dibubarkan, petugas BPBD dan PMI juga melakukan penyemprotan cairan disinfektan di lokasi.

Setelah tamu keluar, mereka masih harus menjalani pemeriksaan suhuu tubuh yang dilakukan oleh petugas puskesmas setempat.

Halaman
12
Editor: Ravianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved