RSHS Sebut Rekaman Suara Beredar di Medsos Hoaks, Tak Ada Petugas Meninggal akibat Corona

Rumah Sakit Umum Pusat Dr Hasan Sadikin Bandung menyatakan rekaman suara yang beredar di media sosial

Tribunjabar/Syarif Abdussalam
Ketua Tim Penanganan Infeksi Khusus RSHS Yovita Hartantri (kanan), Direktur Utama RSHS Nina Susana Dewi (tengah), dan Wakil Ketua Tim Infeksi Khusus RSHS, Anggraini Alam, di RSHS, Senin (24/2/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Rumah Sakit Umum Pusat Dr Hasan Sadikin Bandung menyatakan rekaman suara yang beredar di media sosial dan menyatakan seorang residen anastesi meninggal dunia, dua tenaga kesehatan diisolasi, dan lima orang lainnya suspect virus corona di rumah sakit tersebut, adalah kabar bohong alias hoaks.

"Tidak benar ada residen anestesi yang meninggal karena Covid-19. Sampai saat ini tidak ada petugas kesehatan yang diisolasi, dan tidak ada 5 yang suspek," kata Direktur Utama RS Hasan Sadikin, Nina Susana Dewi, melalui pesan elektronik, Jumat (20/3/2020).

Adapun bagi petugas kesehatan yang kontak erat dengan pasien positif, katanya, menjalankan tugas sesuai pedoman pencegahan dan penanggulangan Covid-19 dari Kementerian Kesehatan RI.

Para petugas ini tergolong dalam ODP (Orang Dalam Pemantauan) dalam artian dijamin dan dipantau kesehatannya oleh manajemen RS Hasan Sadikin. 10 orang petugas kesehatan, katanya, telah menjalani tes Covid-19 dan seluruhnya negatif.

Pohon Kina Bahan Utama Pembuatan Obat Anti-Malaria Ternyata Sudah Langka di Bandung

"Mengenai pasien terkonfirmasi Covid-19 yang meninggal, sudah kami informasikan kepada masyarakat melalui media massa. Terkait pasien Covid-19 yang meninggal, sebagaimana karakteristik pasien positif yang meninggal di rumah sakit Iain, pasien di RSHS yang meninggal disebabkan adanya penyakit penyerta (commonid)," katanya.

RS Hasan Sadikin, katanya, telah memberlakukan pengelolaan hygiene sanitasi yang sesuai dengan standar, sehingga menjamin keamanan dan keselamatan petugas dan masyarakat dl lingkungan sekitar RSHS. Karenanya, tidak ada zona merah di luar lingkungan rumah sakit tersebut seperti yang dinyatakan dalam rekaman tersebut.

"Kami mohon agar selalu berhati-hati dalam menerima infomasi. Pastikan informasi yang didapat valid. Berita resmi tentang penanganan Covid-19 di RS Hasan Sadikin dapat di lihat di Website (rshs.or.id), Facebook (rshsbdg), IG (rshs_bandung) dan Twitter (rshsbdg)," katanya.

Imbas Corona, Vanesha Prescilla dan Sissy Prescillia Harus Hentikan Syuting Film Backstage

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved