VIDEO Dishub Kota Cimahi Merazia Angkutan ODOL, Melanggar Langsung Tilang

Dinas Perhubungan Kota Cimahi menggelar razia terhadap kendaraan yang Over Dimension Over Loading (ODOL) di jalan tol KM 125 Cimahi

Laporan Wartawan Tribun Jabar Daniel Andreand Damanik

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Dinas Perhubungan Kota Cimahi menggelar razia terhadap kendaraan yang Over Dimension Over Loading (ODOL) di jalan tol KM 125 Cimahi pada Rabu (18/3/2020).

Ranto Sitanggang, selaku Kepala Seksi Angkutan Dishub Kota Cimahi mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan upaya tindak lanjut dari Kementerian sejak tanggl 9 Maret 2020, tentang  kendaraan Odol tidak boleh masuk jalan tol.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan, tadi kami temukan masih ada kendaraan pengangkut barang yang dimensinya berlebih, panjang dan lebar kendaraan tidak sesuai, dan kelebihan muatan. Jika melanggar, kami langsung melakukan tindakan tilang," kata Ranto di Rest Area KM 125, Cimahi, Rabu (18/3/2020).

Ranto menjelaskan bahwa kerugian negara akibat ODOL tersebut setiap tahunnya mencapai Rp 43 Triliun. Hal tersebut akibat kendaraan yang kapasitasnya berlebihan, merusak jalan yang dilalui, sehingga harus diperbaiki.

Saat digelar pemeriksaan terhadap kendaraan, pihak Dishub Kota Cimahi membawa timbangan, meteran, dan peralatan pendukung lainnya. Hasilnya, pihak Dishub mendapati beberapa kendaraan yang kapasitasnya melampaui ketentuan dan surat administrasi yang tidak lengkap.

Selain pemeriksaan terhadap kendaraan yang mengangkut barang, dilakukan juga pemeriksaan terhadap kendaraan yang mengangkut penumpang. Melihat kondisi saat ini, khususnya terkait wabah virus corona, Dishub Kota Cimahi juga mengimbau agar perusahaan jasa angkutan penumpang memperhatikan kebersihan mobil angkutannya.

Selain Dinas Perhubungan Kota Cimahi, razia tersebut juga dihadiri oleh pihak Kepolisian dan TNI.

Penulis: Daniel Andreand Damanik
Video Production: Wahyudi Utomo

Penulis: Daniel Andreand Damanik
Editor: yudix
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved