VIDEO Masjid Agung Garut Disemprot Disinfektan, Pemkab Bersihkan 2.500 Objek Publik

Ruang publik di Kabupaten Garut dibersihkan menggunakan disinfektan. Masjid Agung Garut jadi salah satu lokasi yang disemprot disinfektan.

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Wijaksana

TRIBUNJABAR.ID, GARUT- Ruang publik di Kabupaten Garut dibersihkan menggunakan disinfektan. Masjid Agung Garut jadi salah satu lokasi yang disemprot disinfektan.

Bupati Garut, Rudy Gunawan, mengatakan penyemprotan disinfektan dilakukan di 42 kecamatan. Lebih dari 2.500 ruang publik dibersihkan untuk mencegah penyebaran virus corona.

"Selama empat hari ini kami terus semprot disinfektan. Ke masjid, sekolah, kantor semuanya kami semprot, sasarannya tempat kerumunan publik.

Ada 1.500 alat semprot yang disiapkan," ujar Rudy di Alun-alun Garut, Rabu (18/3/2020).

Penyemprotan disinfektan, lanjutnya, dilakukan untuk mengurangi penyebaran virus corona apalagi Pemkab tak memiliki data soal penyebaran virus corona.

"Jadi ini antisipasi dari kami. Soalnya kami tak punya data soal penyebaran. Tak tahu ada di mana. Makanya untuk mencegah kami semprot disinfektan," kata Rudy Gunawan.

Indag Jabar Perintahkan Pembersihan Pasar dan Pusat Perbelanjaan untuk Cegah Corona

Ridwan Kamil Tinjau Pasar Sederhana Bandung, Pastikan Tidak Ada Panic Buying Saat Wabah Corona

Rudy juga mewajibkan pihak swasta untuk melakukan penyemprotan disinfektan. Terutama kawasan pertokoan di perkotaan.

Terkait kesiapan RSUD dr Slamet Garut untuk merawat pasien, Rudy Gunawan menyebut pihaknya sudah membeli alat kesehatan sesuai intruksi dari pemerintah pusat. Seperti ventilator dan penghisap udara.

"Ventilator Rp 450 jutaan beli dua. Kebanyakan rumah sakit tak punya ventilator. Penghisap udara beli empat untuk sirkulasi biar bagus," ucap Rudy Gunawan.

RSUD dr Slamet sebagai rumah sakit rujukan di Priangan Timur juga sudah menyiapkan tim. Pemkab juga menyediakan APD untuk menangani pasien yang diduga terkena corona.

"APD sudah ada. Kami beli Rp 800 juta. Sebagai persiapan. Harganya memang mahal, yang penting sudah ada," katanya.

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Masjid Agung Garut Disemprot Disinfektan, Pemkab Bersihkan 2.500 Objek Publik, https://jabar.tribunnews.com/2020/03/18/masjid-agung-garut-disemprot-disinfektan-pemkab-bersihkan-2500-objek-publik.
Penulis: Firman Wijaksana
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Video Production: Wahyudi Utomo

Penulis: Firman Wijaksana
Editor: yudix
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved