Breaking News:

MUI Indramayu Minta Umat Islam Tetap Salat Jumat Seperti Biasa, Kecuali Jemaah yang Sakit

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Indramayu meminta umat muslim tetap laksanakan Salat Jumat seperti biasa.

shutterstock
Salat jumat. 

Laporan Wartawan TribunCirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNJABAR.ID, INDRAMAYU - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Indramayu meminta umat muslim tetap laksanakan Salat Jumat seperti biasa.

Hal tersebut disampaikan Ketua MUI Kabupaten Indramayu, Satori kepada Tribuncirebon.com saat dihubungi melalui sambungan seluler, Selasa (17/3/2020).

Satori mengatakan, Salat Jumat merupakan salat fardu yang mesti ditunaikan dalam kondisi apa pun termasuk saat tengah berperang.

"Salat Jumat tidak boleh berhenti, dengan adanya peristiwa ini kita jangan terlalu setres dan tidak perlu panik, harus tenang, jumat itu fardu tidak boleh ditinggalkan," ujar dia.

Cegah Penyebaran Virus Corona, Kantor Imigrasi Bandung Tolak Kedatangan Warga dari 4 Negara Ini

Kendati demikian, bilamana yang bersangkutan mengalami gejala-gejala seperti demam dan batuk, maka lebih dianjurkan untuk mengganti salat Jumat dengan salat zuhur di rumah.

Hal ini guna mengantisipasi penularan virus corona atau Covid-19.

"Pokoknya kalau MUI dengan adanya corona ini jangan jadi penghalang ibadah, apalagi karena corona, kita lagi perang saja tidak boleh meninggalkan ibadah," ucapnya.

Selain itu, Satori juga menyampaikan kepada para khotib untuk menyisipkan imbauan dalam khutbah Jumat guna memberi pengertian kepada jemaah bagaimana upaya pencegahan virus corona.

Cara sederhananya bisa dengan menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat disertai memperbaiki kualitas wudhu agar kondisi tubuh bisa selalu bersih.

"Berwudhu dengan baik, lalu menghisap air di hidung dengan baik, berkumur-kumur dengan baik, sebab seluruh kotoran itu akan rontok disertai dengan rontoknya dosa-dosa kita," ujar dia.

Liga Inggris Terhenti Karena Virus Corona, Bagaimana Nasib Liverpool yang Hampir Juara?

Penulis: Handhika Rahman
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved